SOLOPOS.COM - Aksi PMK di Pasar Induk Wonosobo, Senin (22/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Anis Efizudin)

Petugas pemadam kebakaran (PMK) yang dibantu anggota TNI dan warga berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di Pasar Induk Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (22/12/2014). Kebakaran yang terjadi pada jam 02.00 dini hari tersebut menghanguskan ratusan kios dan los. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran Pasar Wonosobo tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai milaran rupiah. (JIBI/Solopos/Antara/Anis Efizudin)

Aksi PMK di Pasar Induk Wonosobo, Senin (22/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Anis Efizudin)

Kanalsemarang.com, WONOSOBO – Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menyiapkan tempat penampungan sementara bagi para pedagang korban kebakaran Pasar Wonosobo.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Bupati Wonosobo, Kholiq Arif di Wonosobo, Senin (22/12/2014), mengatakan tempat penampungan sementara akan dibangun di Jalan Pasar I, Pasar II dan tempat parkir bawah Pasar Induk Wonosobo sisi timur.

Selain itu, katanya pemerintah membentuk tim terpadu yang dikoordinir Asisten I Sekda Wonosobo untuk melakukan pengamanan selama proses penempatan di pasar penampungan.

“Pembangunan pasar induk akan dilakukan sembari menunggu kajian teknis di tahun 2015,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menuturkan penyebab kebakaran agar tidak terjadi spekulasi atau buruk sangka maka diserahkan sepenuhnya pada penyelidikan kepolisian.

Berdasarkan pantauan banyak pedagang yang langsung mengkapling jalan di sekitar pasar hingga ke arah Alun-Alun Wonosobo dan Jalan A. Yani dengan alasan mereka khawatir tidak bisa berjualan dan kehilangan mata pencaharian.

Bahkan sempat terjadi kericuhan antarpedagang merebutkan kapling untuk berjualan sehingga petugas kepolisian terpaksa ikut melerai mereka.

Sebelumnya, Pasar Induk Wonosobo pernah terbakar habis pada 30 September 1994 dan telah dibangun kembali menjadi pasar berlantai tiga diresmikan penggunaannya pada 24 Juli 1997 kemudian kembali terbakar pada 11 Maret 2004 dan pada 28 Februari 2014 pernah terjadi kebakaran kecil pada kios bakso yang menyambar tujuh bangunan kios lain di sekitarnya.

Kebakaran hebat kembali melanda Pasar Induk Wonosobo, pada Senin dinihari menghabiskan ratusan dasaran di los dan kios di lantai I,II dan III pasar tersebut.

Meskipun tidak terdapat korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Kebakaran diketahui sekitar pukul 02.00 WIB tersebut diperkirakan dari arah lantai dasar di bagian barat laut. Api dengan cepat merambat ke los lain. Dalam waktu sekitar empat jam seluruh los di lantai I, II, dan III sebelah barat pasar induk habis dilalap api.

Pada kebakaran tersebut seluruh toko di lantai dasar yang menghadap ke arah Jalan A Yani atau menghadap Jalan Pasar I dan Jalan Pasar II selamat dari musibah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya