PASAR TUNJUNGAN Direvitalisasi, PD Pasar Surya Butuh Rp120 Miliar

PASAR TUNJUNGAN Direvitalisasi, PD Pasar Surya Butuh Rp120 Miliar

SOLOPOS.COM - Pasar Tunjungan (Google.com/maps)

Pasar Tunjungan Surabaya segera direvitalisasi, studi kelayakannya saja butuh Rp1 miliar.

Solopos.com, SURABAYA — Rencana Pemerintah Kota Surabaya menghidupkan kembali Pasar Tunjungan memasuki tahap studi kelayakan atau feasibility study (FS) dan appraisal. Dalam tahap tersebut Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya telah menyiapkan anggaran Rp1 miliar yang berasal dari kas internal.

Plt Direktur Utama PD Pasar Surya Bambang Parikesit mengatakan selain untuk studi kelayakan dan appraisal revitalisasi Pasar Tunjungan, dana tersebut belum termasuk biaya pembongkaran bangunan pasar sebelum proses konstruksi. Langkah lanjutan setelah FS dan appraisal itu ditaksir menelan Rp10 miliar dana APBD.

"Kalau sudah studi kelayakan, apprasial dan pembongkaran, kemungkinan detail engeenering design (DED) juga bisa sekaligus dikerjakan. Diharapkan sampai akhir tahun ini rampung dan tahun depan sudah bisa konstruksi," katanya, Minggu (10/5/2015).

Adapun dalam rencana pembangunan Pasar Tunjungan yang diperkirakan menelan investasi senilai Rp120 miliar tersebut akan memiliki enam lantai bangunan. Sebagian lantai akan diperuntukkan bagi para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta perkantoran sewa.

67 Pasar Tradisional
Dia menambahkan tahun 2014 ini, PD Pasar Surya juga menyiapkan anggaran dana Rp14 miliar yang akan digunakan untuk peremajaan pasar-pasar tradisional yang dikelolanya mengingat kondisinya tidak layak karena kerap bocor dan banjir saat hujan. "Ada 67 pasar yang akan direnovasi dan perbaikan atap-atap yang bocor," imbuhnya.

Sejalan dengan rencana PD Pasar Surya melakukan peremajaan pasar tradisional, tahun 2015 ini pun BUMD Kota Surabaya tersebut menargetkan pendapatan Rp56,03 miliar dengan laba Rp5,12 miliar. Target tersebut naik dari pencapaian tahun 2014 lalu, yakni Rp41,74 miliar dengan laba Rp4,36 miliar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

China Sukses Daratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

China berhasil mendaratkan wahana penjelajah di Planet Mars, Sabtu (15/5/2021). Dengan ini China menjadi negara kedua yang mendaratkan wahana seperti itu di Mars.

Bukan Cuma Pekalongan, Semarang & Demak Juga Terancam Tenggelam

Ancaman tenggelam di Jawa Tengah bukan hanya dihadapi Kota Pekalongan, tetapi juga Semarang dan Demak yang berada di wilayah pesisir.

Wisata Air Cokro Tulung Klaten Is Back, Ada Wahana Baru?

Objek Wisata Air Cokro atau OMAC di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, kembali dibuka setelah setahun lebih tutup karena pandemi.