SOLOPOS.COM - Pasar Tunjungan (Google.com/maps)

Pasar Tunjungan Surabaya segera direvitalisasi, studi kelayakannya saja butuh Rp1 miliar.

Madiunpos.com, SURABAYA — Rencana Pemerintah Kota Surabaya menghidupkan kembali Pasar Tunjungan memasuki tahap studi kelayakan atau feasibility study (FS) dan appraisal. Dalam tahap tersebut Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya telah menyiapkan anggaran Rp1 miliar yang berasal dari kas internal.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Plt Direktur Utama PD Pasar Surya Bambang Parikesit mengatakan selain untuk studi kelayakan dan appraisal revitalisasi Pasar Tunjungan, dana tersebut belum termasuk biaya pembongkaran bangunan pasar sebelum proses konstruksi. Langkah lanjutan setelah FS dan appraisal itu ditaksir menelan Rp10 miliar dana APBD.

“Kalau sudah studi kelayakan, apprasial dan pembongkaran, kemungkinan detail engeenering design (DED) juga bisa sekaligus dikerjakan. Diharapkan sampai akhir tahun ini rampung dan tahun depan sudah bisa konstruksi,” katanya, Minggu (10/5/2015).

Adapun dalam rencana pembangunan Pasar Tunjungan yang diperkirakan menelan investasi senilai Rp120 miliar tersebut akan memiliki enam lantai bangunan. Sebagian lantai akan diperuntukkan bagi para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta perkantoran sewa.

67 Pasar Tradisional
Dia menambahkan tahun 2014 ini, PD Pasar Surya juga menyiapkan anggaran dana Rp14 miliar yang akan digunakan untuk peremajaan pasar-pasar tradisional yang dikelolanya mengingat kondisinya tidak layak karena kerap bocor dan banjir saat hujan. “Ada 67 pasar yang akan direnovasi dan perbaikan atap-atap yang bocor,” imbuhnya.

Sejalan dengan rencana PD Pasar Surya melakukan peremajaan pasar tradisional, tahun 2015 ini pun BUMD Kota Surabaya tersebut menargetkan pendapatan Rp56,03 miliar dengan laba Rp5,12 miliar. Target tersebut naik dari pencapaian tahun 2014 lalu, yakni Rp41,74 miliar dengan laba Rp4,36 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya