SOLOPOS.COM - Ilustrasi lelang (JIBI/Dok)

Pasar tradisional Wonogiri, Pemkab akan melelang proyek rehab Pasar Baturetno pada Februari.

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mempercepat pembangunan Pasar Baturetno. Proyek rehab pasar tradisional tersebut akan dilelang pada Februari 2017 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara proses pemindahan pedagang dari Pasar Baturetno ke pasar darurat dilakukan awal tahun. Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, membenarkan pembangunan Pasar Baturetno akan dilakukan pada 2017. Sebelumnya, dia mengatakan pembangunan Pasar Baturetno akan dianggarkan sekitar Rp55 miliar.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami upayakan pada Februari sudah dilelang [proyeknya]. Lelang harus lebih cepat agar waktu pengerjaannya juga cukup,” kata dia belum lama ini.

Dia berharap proses pembangunan Pasar Baturetno tidak terkendala kurangnya waktu pengerjaan. Menurut Joko, penataan pasar tradisional di Wonogiri akan dilakukan secara bertahap.

Penataan bukan hanya mencakup bangunan, namun meliputi penataan pedagang dan lingkungannya. Selama proses pembangunan pasar, seluruh pedagang akan dipindahkan ke pasar darurat yang saat ini sedang dibangun.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) Wonogiri, Agus Suprihanto, mengatakan pembangunan pasar darurat ditargetkan selesai pekan ini.

Menurut dia, pada Jumat (16/12/2016) nanti dilakukan pemeriksaan terakhir untuk pembangunan pasar darurat. Seperti diketahui pembangunan pasar darurat dilakukan sejak Oktober.

Lokasi pasar darurat adalah di Lapangan Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno. Pembangunan pasar darurat direncanakan dapat menampung seluruh pedagang Pasar Baturetno.

“Semua pedagang nantinya tertampung. Saat ini ada 97 kios dan sekitar 1.200 los. Setelah selesai pembangunan pasar darurat akan ada sosialisasi kepada pedagang untuk penempatan pasar darurat,” kata dia, Rabu (14/12/2016).

Menurut dia, penempatan pasar darurat akan disesuaikan dengan kondisi penempatan pedagang di Pasar Baturetno. “Belum ada pembagian zona. Penentuan zona pedagang baru diterapkan pada pasar yang baru nanti”  kata dia.

Setelah pasar darurat jadi, tahap selanjutnya adalah melakukan persiapan pemindahan pedagang. “Jika semua siap, pemindahan pedagang langsung dilakukan. Diperkirakan pemindahan pedagang dilakukan Januari,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya