Pasar Tradisional Tujuan Relokasi Sepi, Nasib PKL TSTJ Solo Belum Jelas

Paguyuban Bakul Taman Jurug terus memperjuangkan nasib 183 pedagang kaki lima (PKL) Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.

 Aktivitas pedagang kaki lima (PKL) di kompleks Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Jumat (23/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Aktivitas pedagang kaki lima (PKL) di kompleks Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Jumat (23/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO —  Paguyuban Bakul Taman Jurug terus memperjuangkan nasib 183 pedagang kaki lima (PKL) Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.

Besok siang, Jumat (30/9/2022) perwakilan dari mereka juga akan menemui anggota DPRD, berharap ada angin segar bagi kehidupan 183 PKL. Pemerintah Kota Solo kini tengah proses peremajaan TSTJ. Bersamaan dengan itu, 183 PKL terancam terusir dari TSTJ.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pemkot Solo berencana merelokasi mereka. Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo telah menyiapkan lima pasar tradisional. yakni Pasar Pucangsawit, Pasar Jebres, Pasar Ngemplak, Pasar Tanggul, dan Pasar Rejosari. Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi menjelaskan pasar-pasar tradisional itu ditawarkan karena masih ada beberapa los kosong.

“Pasar yang kami tawarkan itu kosong. Terus Pak Wali berpesan lagi, kasihkan pilihan-pilihan lainnya. Ini masih kami rancang dulu,” katanya ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Tabrak Anak SD, Mobil Ditumpangi Anggota DPRD Solo Dirusak Warga di Minahasa

Perwakilan Paguyuban Bakul Taman Jurug, Sarjuni tak yakin pasar tradisional bisa menjanjikan bagi para PKL. Apa lagi sebagian besar dari mereka banyak berjualan kuliner kecil-kecilan, souvenir, dan mainan. Dari cerita beberapa kawannya sesama PKL pun demikian. Mereka direlokasi di pasar tradisional, pada akhirnya tak ditempati karena sepi.

“Saya yakin tidak mungkin [bertahan lama]. Masalahnya kalau sudah dikasih situ, payu ra payu karepmu [laku tak laku terserah] paling. Ada di RT kami dapat los di Pasar Ledoksari. Ya enggak kepakai, akhirnya dia pilih jadi juru parkir,” kata Sarjuni.

Sebelumnya, Minggu (3/4/2022) siang, Solopos mengamati hanya ada enam dari total 16 kios sisi depan Pasar Pucangsawit yang buka. Kondisi tak jauh berbeda terlihat di sisi barat maupun timur di mana mayoritas kios juga tutup.

Pada sisi barat pasar hanya Warung Makan Lestari yang buka. Sementara di sisi timur, hanya satu bengkel dinamo. Kondisi lebih sepi tampak di area dalam pasar, seperti di lantai dasar maupun lantai II. Hanya ada satu pedagang kuliner di lantai II Pasar Pucangsawit.

Baca Juga: Emoh Dipindah ke Pasar Tradisional, PKL TSTJ Minta Audiensi dengan DPRD Solo

Begitu pun dengan selter PKL di Solo. Maret 2022 lalu, Solopos.com mengecek salah satu selter yang menjadi tempat relokasi beberapa PKL. Kondisi selter PKL di Mojosongo, Jebres, Solo, yang dibangun pada 2018 lalu kini memprihatinkan. Jumlah pedagang kini tinggal belasan orang.

Kondisi yang sama juga tampak di Pasar Panggungrejo, Jebres, Solo, 4 April 2022. Pasar Panggungrejo merupakan salah satu yang masuk dalam daftar pasar rekomendasi Disdag Solo untuk relokasi PKL TSTJ. Solopos pernah mengamati, Pasar Panggungrejo  kini kondisinya sepi. Semua kios tertutup rapat, kecuali lapak penjahit, minuman air minum, dan rental Playstation. Bangunan pasar ada yang retak dan tampak tidak terawat. Padahal lokasinya berada di tengah keramaian indekos mahasiswa.

“Kita secara kewajiban juga memenuhi. Bakul kan yang penting nyicil, nek nyambut gawe [bekerja] di Jurug itu kanggo sugih ora bisa [buat jadi kaya enggak bisa],” kata Sarjuni saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: 5 Pasar Tradisional Disiapkan Dinas Perdagangan untuk Memindahkan PKL TSTJ Solo

Sarjuni menjelaskan para PKL juga sudah membayar kewajiban retribusi sampai Desember mendatang. Meski Manajemen TSTJ juga bersedia mengembalikan apabila pedagang memintanya. Namun menurut Sarjuni, yang terpenting adalah tanggung jawab dan umpan balik yang diberikan selaras dengan kewajiban yang sudah ditaati oleh para PKL.

“Berarti hak kami masih [sampai Desember] harusnya enggak bisa dipaksa tanggal sekian harus pergi. Kewajiban sudah kita penuhi. Memang tak seberapa, pengelola mau ngembalian tapi tak semudah itu. Masalahnya bukan soal pengembalian retribusi,” kata dia.

Sarjuni yakin, dengan menempuh cara-cara prosedural dan bijak tak akan sia-sia. Apa lagi ia memperjuangkan hajat hidup banyak orang. Dari 183 PKL di TSTJ,  kebanyakan dari mereka adalah perempuan. Menurut Sarjuni,berjualan di TSTJ bagi sebagian PKL, menjadi sumber pendapatan utama mereka.

“Memang di situ nemang mayoritas usaha perempuan. Banyak laki-lakinya enggak kerja. Nek laki-laki hanya berapa, mayoritas perempuan. Itu smber kehidupan,” ujarnya dia di akhir obrolan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Antam Naik Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Selasa 6 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Selasa (6/12/2022) hari ini, terpantau naik untuk cetakan Antam sementara untuk cetakan UBS tercatat turun.

      IHSG Diperkirakan Rebound, Cek Saham-Saham Ini

       Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi rebound ke level 7.030-7.050 pada perdagangan Selasa (6/12/2022) ini.

      Izin Usaha Dicabut OJK, Begini Tuntutan Nasabah WanaArtha Life

      Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera menjelaskan ke nasabah mengenai langkah lanjutan usai izin usaha perusahaan asuransi perusahaan resmi dicabut pada Senin (5/12/2022).

      Siaga Nataru, PLN Turunkan 5.574 Personel Pastikan Keandalan Listrik Jateng-DIY

      PLN menggelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru untuk mengamankan keandalan pasokan listrik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di halaman kantor PLN UP3 Yogyakarta pada Senin (5/12/2022).

      Izin WanaArtha Dicabut OJK, Transaksi Gelap Asuransi Naik 284,8 Persen

      Hingga Oktober 2022, jumlah transaksi mencurigakan asuransi mencapai angka 2.155 kasus. Jumlah ini naik 284,8 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2021 yang hanya 560 kasus. 

      Cara Praktis Mengambil Uang di Mesin ATM Tanpa Menggunakan Kartu

      Kini nasabah bank tak perlu bingung jika pada saat mengharuskan untuk tarik tunai namun tidak membawa kartu debit dan hanya membawa handphone.

      Formasi Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Cari Tahu Yuk!

      Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2022 batch 2. Lantas apa saja formasinya?

      Transisi Energi, Erick Thohir Beberkan Alasan Indonesia Tak Tiru Negara Lain

      Erick Thohir menyebutkan cetak biru penghentian dini PLTU berkapasitas total 15 Giga Watt (GW) terus dilakukan secara bertahap.

      Laba BUMN Tembus Rp155 Triliun Kuartal III/2022, Lampaui Setahun 2021

      Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan laba bersih konsolidasi BUMN per kuartal III/2022 telah melampaui kinerja setahun penuh pada 2021.

      Gelombang PHK Berlanjut! OYO Hotels Kurangi 600 Karyawan

      Startup OYO Hotels mengumumkan akan memangkas 600 karyawan di departemen korporat dan teknologinya, atau sekitar seperenam dari total tenaga kerjanya.

      PLN Teken MoU dengan Kawasan Industri Sayung & Pabrik Gas, Salurkan 50,2 MVA

      PLN siap menyalurkan 50,2 MVA untuk mendukung pertumbuhan industri di Jawa Tengah dan DIY.

      Uji Coba Aplikasi Pembayaran Tol Nirsentuh Dimulai Bulan Ini

      Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menguji coba pembayaran tol nirsentuh melalui aplikasi multi lane free flow (MLFF) pada bulan ini.

      10 Cara Cari Uang hanya Modal HP

      Sekarang, hanya bermodal HP kita bisa menghasilkan uang.

      Apindo: Pemerintah Tidur Saja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

      Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 akan berada di atas 5 persen bahkan bisa mencapai 5,65 persen apabila terdapat kerja keras dalam menggerakkan mesin-mesin perekonomian.

      PT SHA Solo Selalu Memastikan Program CSR Tepat Sasaran

      PT SHA Solo memiliki strategi khusus dalam menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) agar lebih tepat sasaran.

      Perjalanan PT SHA Solo 7 Tahun Mengabdi untuk Masyarakat

      PT SHA Solo terus berupaya untuk senantiasa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan melakukan berbagai program sosial.