Tutup Iklan

PASAR TRADISIONAL SOLO : Los Pasar Rejosari Dibikin Tertutup dengan Pintu dan Jendela

PASAR TRADISIONAL SOLO : Los Pasar Rejosari Dibikin Tertutup dengan Pintu dan Jendela

SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Pasar Rejosari, Jebres, Solo, Selasa (17/10/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Pasar tradisional Solo yakni Pasar Rejosari dalam tahap pembangunan.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menjadikan Pasar Rejosari di Kecamatan Jebres sebagai pilot project desain los dengan konsep tertutup layaknya kios. Proses pembangunan pasar tersebut kini mencapai 75% dan ditargetkan diresmikan akhir Desember 2017 nanti.

“Los Pasar Rejosari akan jadi pionir bagi pasar lain. Dulu los terbuka, tapi kita buatkan layaknya kios,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (17/10/2017).

Subagiyo mengatakan los Pasar Rejosari didesain tertutup dengan dilengkapi pintu dan jendela. Los tersebut disekat satu sama lain dan dilengkapi kunci masing-masing. Desain los tersebut selama ini belum pernah diterapkan di pasar tradisional lain di Kota Bengawan.

“Jadi kami nilai los ini lebih bermartabat bagi pedagang. Sekilas memang mirip kios, tapi sebenarnya los,” tuturnya. Selain los, Pemkot juga melengkapi pedagang oprokan dengan meja stainless.

Berdasarkan data, terdapat 100 los, 58 kios, dan 300 unit meja untuk pedagang oprokan di pasar tersebut. Konsep pembangunan Pasar Rejosari dibangun sesuai standar nasional Indonesia (SNI), yakni bangunan los, kios dan oprokan diletakkan 60 sentimeter dari lantai. SNI terkait dengan pasar terangkum dalam SNI 8152:2015 tentang Pasar Rakyat.

Berdasarkan SNI 8152:2015 Pasar Rakyat, terdapat tiga persyaratan pasar rakyat yang meliputi persyaratan umum, teknis, dan pengelolaan. Persyaratan umum terdiri atas lokasi pasar, kebersihan dan kesehatan, serta keamanan dan kenyamanan.

Persyaratan teknis terdiri atas ruang dagang, aksesibilitas dan zona, fasilitas umum, elemen bangunan, keselamatan dalam bangunan, drainase, ketersediaan air bersih, pengelolaan air limbah, pengelolaan sampah, sarana telekomunikasi, dan lainnya. Sedangkan untuk persyaratan pengelolaan pada prinsipnya terkait pengelolaan pasar, serta tugas pokok dan fungsi.

“Sekarang baru Pasar Tanggul yang mengantongi SNI dari 44 pasar di Kota Solo. Selanjutnya Pasar Rejosari akan kita ajukan sertifikasi SNI ini,” kata dia.

Saat ini dia mengatakan pembangunan pasar sudah mencapai 75 persen dari target pekerjaan. Subagiyo mengatakan proyek pembangunan pasar ditenggat rampung 23 Desember. Revitalisasi pasar ini dikerjakan dua tahap, yakni tahap pertama usai dikerjakan akhir 2016 dengan dibiayai APBD Kota Solo senilai Rp 5,4 miliar. Dalam pembangunan tahap pertama, pengerjaan difokuskan kepada pemasangan pondasi dan struktur bangunan.

Adapun revitalisasi tahap kedua yang berlangsung tahun ini menelan dana Rp19,5 miliar dari APBD Provinsi. Fokus pengerjaan adalah penyelesaian proyek pembangunan menjadi dua lantai. “Nantinya Pasar Rejosari juga bisa menampung pedagang kaki lima (PKL) di sekitarnya, karena kawasan setempat akan ditata,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Swab PCR, Hasilnya?

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.