SOLOPOS.COM - Pedagang memindahkan meja lapak dagangannya saat dilakukan eksekusi pembongkaran Pasar Kanjengan Blok C dan D di Johar, Kota Semarang, Jateng oleh PN Semarang, Rabu (23/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Pasar tradisional Kanjengan di Kota Semarang segera mulai dibangun.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perdagangan Kota Semarang menyebutkan pembangunan tahap pertama Pasar Kanjengan segera dimulai seiring telah dilaksanakan proses lelang. Pembangunan kembali pasar tradisional Kota Semarang itu ditargetkan rampung tahun 2017 ini juga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini, pekerjaan Pasar Kanjengan sudah masuk Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Semarang,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto di Kota Semarang, Kamis (14/9/2017). Pasar Kanjengan masih satu kawasan dengan Pasar Johar Semarang yang tercakup revitalisasi pasar tradisional itu pascakebakaran yang terjadi beberapa tahun lalu.

Fajar menjelaskan lelang pekerjaan pembangunan dilakukan secara terbuka karena Kementerian Perdagangan juga sudah mencairkan bantuan senilai Rp93 miliar. “Lelang paling cepat satu bulan untuk mendapatkan pemenang. Itu jika tidak ada sanggahan. Bantuan anggaran dari Kementerian Perdagangan juga sudah cair sebesar Rp93 miliar,” katanya.

Ia menjelaskan pengerjaan Pasar Kanjengan tahap pertama menyentuh pada konstruksi bangunan utama dan merampungkan dua lantai dari yang direncanakan bangunan empat lantai. Nantinya, kata dia, pembangunan tahap berikutnya pasar tradisional Kota Semarang itu akan diusulkan lagi kepada kementerian pada tahun depan.

Dengan nilai proyek yang cukup besar, ia berharap perusahaan kontraktor dari BUMN bisa mengikut lelang karena ketersediaan alat dan tenaga kerja yang lebih mumpuni. “Ya, ini kan pengerjaannya waktunya juga cukup singkat. Dari dua lantai yang akan dirampungkan tahun ini direncanakan ada 100 kios,” katanya.

Pedagang pancakan yang jumlahnya 850-an orang, kata dia, akan ditempatkan di basement. Berkaitan dengan revitalisasi Pasar Johar, Fajar mengatakan pembangunannya terbagi dua, yakni bangunan cagar budaya (BCB) dan Pasar Johar Baru yang dikerjakan Dinas Tata Ruang.

Selain itu, pembangunan pasar tradisional Kanjengan dikerjakan Dinas Perdagangan Kota Semarang dengan bantuan anggaran dari Kementerian Perdagangan. “Ya, harapannya dengan dua aktivitas pekerjaan secara bersamaan maka target revitalisasi Pasar Johar secara menyeluruh pada 2020 bisa tercapai,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya