SOLOPOS.COM - Kondisi bekas kebakaran bangunan cagar budaya Pasar Johar, Semarang, Jateng, Selasa (31/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pasar tradisional Johar di Kota Semarang sudah terbangun kembali 21%.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Tata Ruang Kota Semarang menyebutkan progress revitalisasi pasar tradisional Johar di Kota Semarang yang termasuk bangunan cagar budaya kini sudah mencapai 21%. “Pasar Johar kan ada yang bangunan heritage dan nonheritage. Kalau yang heritage, progress-nya sudah 21%,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota Semarang Agus Riyanto di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2017).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Dengan progress sebesar itu, kata dia, deviasi pekerjaannya untuk pasar tradisional Johar di Semarang yang tergolong cagar budaya masih tergolong plus atau baik karena tidak ada kendala berarti yang ditemui dalam pelaksanaannya di lapangan. Ia menjelaskan pengerjaan situs cagar budaya itu secara umum adalah penguatan konstruksi bangunan setelah kebakaran beberapa tahun lalu yang tentunya mempengaruhi kondisi kekuatan bangunan.

“Setidaknya ada tiga pekerjaan untuk Pasar Johar yang heritage, yakni penguatan penyangga konstruksi baja, pengujian laboratorium untuk pilar dan fondasi, kemudian pengisian material penguat,” katanya.

Menurut dia, sebenarnya pengerjaan penguatan konstruksi itu, apalagi untuk bangunan cagar budaya, seperti Pasar Johar memang lebih sulit ketimbang membangun bangunan yang sama sekali baru. “Ya, lebih mudah membikin bangunan baru. Untuk pengerjaan penguatan bangunan lama ini kan tidak boleh serta merta atau sembarangan. Artinya, harus ‘dipetani’ (diperiksa, red.) satu persatu,” katanya.

Meski demikian, Agus memastikan sementara ini belum ada hambatan yang ditemui dalam pengerjaan proyek itu karena pelaksana proyek memang profesional dengan kondisi bangunan yang berstatus cagar budaya. “Makanya, ada pengujian laboratorium untuk mengecek apakah bangunan sudah kuat atau tidak sehabis kebakaran. Kalau tidak kuat, harus diperkuat seperti apa karena kan tidak boleh mengubah bangunan,” katanya.

Untuk tahun ini, kata dia, Pemerintah Kota Semarang menganggarkan sekitar Rp50 miliar untuk penguatan bangunan cagar budaya Pasar Johar, kemudian akan ditindak lanjuti oleh pemerintah pusat. Ditargetkan, kata dia, pengerjaan penguatan bangunan cagar budaya Pasar Johar bisa dirampungkan pertengahan Desember 2017 karena tahun depan akan dilanjutkan dengan pengerjaan bagian yang lain.

Kan masih ada pembangunan untuk Pasar Johar bagian yang lainnya. Kami menangani yang penguatan bangunan cagar budayanya. Makanya, harus dipastikan bangunan lama kuat dulu,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya