SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pedagang di pasar tradisional. (Harian Jogja-Endro Guntoro)

Pasar tradisional Jogja dilindungi dengan cara pengadaan lahan yang jelas.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja berencana membeli lahan untuk memindahkan pasar tradisional yang alas haknya masih menyewa. Hal itu untuk menghindari agar tidak terjadi persoalan soal alas hak pasar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : PASAR TRADISIONAL JOGJA : Pemkot Akan Beli Lahan untuk Pasar

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Jogja, Hari Setya Wacana berujar rencana pengadaan lahan pasar itu akan diupayakan pada APBD Perubahan. Namun jika APBD Perubahan tidak memungkinkan, maka akan dianggarkan pada 2018 mendatang karena pengadaan lahan harus didahului pengajuan proposal dari dinas terkait dan penghitungan apraisal.

“Padahal pembahasan APBD Perubahan 2017 dimulai akhir bulan ini,” terang dia, Rabu (9/8/2017).

Selain itu, untuk pasar yang lahannya memanfaatkan Sultan Grond (SG), Hari menegaskan Pemerintah Kota Jogja akan mengajukan permohonan hak pinjam pakai jika belum memiliki kekancingan dan mengajukan perpanjangan kekancingan pinjam pakai setiap masa berlakunya habis.

Sebelumnya soal pendataan kembali pasar tradisional itu ditekankan oleh Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi. Heroe tidak ingin kejadian yang menimpa eks Pasar Kembang terjadi di pasar tradisional lainnya.

Sekadar diketahui Pasar Kembang sudah dihapus dari daftar pasar tradisional. Pasar yang ada di selatan Stasiun Tugu tersebut kini dimbil lahannya oleh PT.Kereta Api Indonesia (KAI) karena KAI memiliki hak guna kekncingan dari Kraton pada 2015 lalu. Bekas Pasar Kembang akan ditata ulang menjadi halaman muka stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya