SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pasar tradisional Jogja, pedagang Pasty berharap aturan ditegakan.

Harianjogja.com, JOGJA — Pedagang satwa di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) merasa resah dengan keberadaan para penjual burung keliling di trotoar Pasti, Jalan Bantul, Gedongkiwo, Mantrijeron. Mereka meminta Pemerintah Kota Jogja menertibkan penjual burung ilegal tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : PASAR TRADISIONAL JOGJA : Mangkal Depan Pasty, Penjual Burung Keliling Bikin Resah Pedagang

Lurah Pasty, Bakoh Tupon Langkir Hadi  menyadari semakin hari penjual satwa keliling itu semakin banyak, terutama saat hari minggu. Pihaknya sempat memasukkan mereka ke dalam area Pasty, tepatnya dibagian selatan los burung dan unggas.

“Tapi pedagang yang didalam tidak menghendaki sehingga mereka keluar lagi, jadi serba salah,” ujar Bakoh, Selasa (13/6/2017).

Menurut dia, keberadaan penjual burung keliling itu dikeluhkan karena mereka sebagian besar menjual dengan harga murah sehingga pedagang yang ada di dalam area pasar merasa sepi pembeli. Bakoh mengaku sempat juga menertibkan penjual keliling itu, namun justru mereka pindah ke sekitar pemukiman warga sehingga diprotes warga, kemudian kembali lagi ke depan Pasty.

Kepala Bidang Penataan, Pengembangan, dan Pendapatan Disperindag Kota Jogja, Supartono, mengatakan maraknya penjual burung keliling di depan Pasty dikarenakan ada yang diharapkan masyarakat atau pembeli. Ia tidak menampik yang diharakan pembeli itu karena harganya yang lebih murah ketimbang di dalam Pasty.

Karena itu pihaknya segera meminta respon pedagang dalam terkait penyebab maraknya penjual keliling tersebut.

“Untuk yang diluar pasti nanti kita tata kalau pedagang yang didalam sudah siap,” kata Supartono. Yang pasti, Supartono melanjutkan ketika masyarakat atau pembeli sudah percaya dengan pedagang di dalam, secara otomatis pedagang di luar tidak akan ramai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya