SOLOPOS.COM - Pasar Bring Harjo (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Pasar tradisional Jogja akan menyiapkan pemandu selama liburan sekolah.

Harianjogja.com, JOGJA – Pasar tradisional terbesar di Kota Jogja yang selalu menjadi tujuan wisatawan mencari oleh-oleh, Pasar Beringharjo, menyiapkan pemandu guna memberikan informasi kepada pengunjung menjelang liburan sekolah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Akan ada 10 pasang pemandu, laki-laki dan perempuan, yang bertugas memberikan informasi kepada pengunjung yang mungkin kebingungan mencari lokasi barang yang akan dibelinya,” kata Kepala Bidang Pengembangan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja Rudy Firdaus, Sabtu (23/5/2015).

Sepuluh pasang pemandu pasar tradisional tersebut, kata Rudy, berasal dari hasil seleksi rekrutmen tertutup yang dilakukan Dinas Pengelolaan Pasar.

Calon pemandu, lanjut dia, diutamakan pelajar atau mahasiswa yang bisa meluangkan waktu bertugas di Pasar Beringharjo selama masa libur (liburan) sekolah.

“Kami utamakan dari anak-anak pegawai di Dinas Pengelolaan Pasar, atau bisa juga dari pelajar dan mahasiswa lain. Yang pasti, mereka memiliki kepribadian yang menarik,” katanya.

Pemandu pasar tersebut akan ditempatkan di beberapa titik strategis di Pasar Beringharjo selama satu pekan mulai 8 Juni. Saat bertugas, seluruh pemandu mengenakan pakaian tradisional khas Yogyakarta.

Sebelum menjalankan tugasnya, seluruh pemandu yang terpilih akan memperoleh pembekalan berupa informasi mengenai seluk-beluk Pasar Beringharjo, seperti jenis dagangan yang dijual dan lokasi penjualannya.

“Mereka dibekali dengan peta pasar. Kami pun meminta pemandu mengantarkan pengunjung ke lokasi yang dikehendaki apabila mereka tidak mengetahui lokasinya,” katanya.

Selama masa libur sekolah, jumlah pengunjung khususnya wisatawan yang berbelanja di Pasar Beringharjo diperkirakan akan mengalami penaikan 30–50 persen dibanding hari biasa. Rata-rata jumlah kunjungan ke Pasar Beringharjo setiap harinya bisa mencapai sekitar 60.000 orang.

“Sudah beberapa tahun terakhir kami menempatkan pemandu pasar saat jumlah pengunjung mengalami penaikan. Hasilnya pun cukup efektif untuk membantu pengunjung yang berasal dari luar kota sehingga keberadaan mereka terus dipertahankan,” katanya.

Selain liburan sekolah, pemandu pasar juga akan ditugasi saat masa libur Lebaran selama dua pekan, yaitu H-10 hingga H+4 Idulfitri 1436 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya