SOLOPOS.COM - PASAR TEGAL GEDE--Penjual daging di Pasar Gede, Karanganyar tengah melayani pembeli. (dok Solopos)

Karanganyar (Solopos.com)--Pasar-pasar tradisional di Karanganyar siap dipercantik tahun 2012 mendatang.  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana melakukan revitalisasi serta renovasi pasar tradisional.

PASAR TEGAL GEDE--Penjual daging di Pasar Tegalgede, Karanganyar tengah melayani pembeli. (dok Solopos)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Karanganyar  Sundoro kepada Espos, Minggu (27/11/2011) mengatakan telah menyusun rencana revitalisasi maupun renovasi sejumlah pasar tradisional.

Ekspedisi Mudik 2024

Sesuai rencana, dia mengatakan revitalisasi dan renovasi tersebut akan diajukan pada anggaran 2012 mendatang. “Kami sedang susun rencana tahun depan ada sejumlah pasar yang akan di renovasi. Bahkan ada yang akan direvitalisasi,” ujar Sundoro.

Menurutnya, saat ini sangat diperlukan penataan pasar yang baik, terutama pasar tradisional di lingkungan perkotaan, seperti Pasar Palur, Tegalgede serta Pasar Karangpandan.

Hal ini, menurutnya, mengingat semakin menjamurnya keberadaan pasar modern dengan menawarkan kebersihan dan kenyamanan kepada pembeli.  “Kalau pasar tradisional tidak segera ditata nanti bakal kalah dengan pasar modern. Jadi perlu penataan menyeluruh di pasar-pasar tradisional,” tuturnya.

Sundoro mencontohkan pasar tradisional yang mendesak untuk dilakukan revitalisasi seperti halnya Pasar Karangpandan. Hal ini lantaran keberadaan Pasar Karangpandan sering menjadi jujukan para wisatawan yang berkunjung ke Karanganyar.

Sementara untuk renovasi atau perbaikan pasar akan dilakukan pada Pasar Palur serta Pasar Tegalgede. Kedua pasar tersebut dinilai perlu dilakukan perbaikan lantaran berada di lingkungan perkotaan yang tidak jauh dari keberadaan pasar modern.

Ditanya mengenai berapa anggaran yang bakal dibutuhkan, Sundoro mengaku masih dalam perhitungan. “Ini masih wacana. Kami baru rencana akan diajukan dalam APBD tahun 2012 nanti. Syukur-syukur Dewan menyetujui,” harapnya.

(isw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya