SOLOPOS.COM - Pengunjung mengunjungi stan pertanian yang ada di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Klaten, Jumat (19/8/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten menggelar Pasar Tani di halaman kantor dinas setempat, Jumat (19/8/2022) pagi. Kegiatan itu digelar dalam rangka memeringati Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Ada 15 stan yang ditampilkan di Pasar Tani tersebut. Produk yang ditampilkan merupakan produk-produk olahan petani di Klaten. Mereka berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT), KTNA, Komunitas Petani Muda Klaten, serta UMKM yang bergerak di bidang pertanian.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala DKPP Klaten, Widiyanti, menjelaskan Pasar Tani menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten dan HUT Kemerdekaan RI. Selain itu, kegiatan tersebut digelar guna mendukung pertanian di Klaten.

“Pasar Tani ini dalam rangka mendekatkan antara produsen dan konsumen. Jadi kami tidak hanya di aspek produksi. Pertanian itu bisnis. Sehingga menciptakan pasar itu sesuatu hal penting, menciptakan ruang bertemunya antara produsen dan konsumen,” jelas Widiyanti di sela kegiatan Pasar Tani.

Widiyanti menjelaskan Pasar Tani itu sebenarnya konsep yang sejak lama direncanakan DKPP Klaten. Hanya, gara-gara pandemi Covid-19 program itu urung digelar.

Baca Juga: Cuaca Tak Menentu, Petani Kedelai di Klaten Sulam Tanaman Berkali-Kali

“Saat ini mulai kami jalankan lagi. Insyaallah akan kami adakan secara rutin dengan menggandeng OPD lainnya,” kata Widiyanti.

Salah satu stan yang ramai didatangi pengunjung yakni stan Komunitas Petani Muda Klaten. Ada berbagai produk yang ditampilkan seperti tanaman hias, hasil panen petani, hingga hasil olahan pertanian.

“Yang ditampilkan tidak hanya dari petani muda. Ada pula dari KWT yang kami ajak untuk menampilkan produk mereka,” urai Ketua Komunitas Petani Muda Klaten, Afif Amrizal Basri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya