SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Pemerintah kini masih memfokuskan pengembangan 3 pasar di wilayah perbatasan dengan negara tetangga. Beberapa titik lokasi pasar perbatasan yang menjadi perhatian pemerintah antaralain Pasar Skow Papua berbatasan langsung dengan Papua New Guinea, Entikong perbatasan dengan Malaysia, dan Pasar Motain berbatasan dengan Timor Leste.

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu di kantor Menko Perekonomian, Senin (27/6) mengatakan, dari sisi infrastruktur, pasar wilayah perbatasan Indonesia relatif lebih baik dari negara tetangga. Misalnya Pasar Skow Papua memiliki infrastruktur yang sudah siap dibandingkan dengan pasar perbatasan yang masuk wilayah Papua New Guinea.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Masalah yang sama pun terjadi pada pasar perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. Menurut Mari, kesiapan Timor Leste pun belum maksimal terkait pasar perbatasan di negaranya. Sedangkan masalah berbeda terjadi di lokasi pasar perbatasan Indonesia dengan Malaysia, di Entikong. Di lokasi tersebut, justru banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih berbelanja masuk ke wilayah Malaysia/ karena harganya lebih murah. [dtc/hen]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya