Salah satu los di Pasar Plembon, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, ambruk setelah diterjang angin kencang, Senin (9/12/2019) sore. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bermaksud tetap mempertahankan Pasar Plembon di Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, sebagai pasar hewan terutama untuk jual-beli kambing.

Untuk itu, Pemkab Klaten mengusulkan pembangunan pasar yang berada di tepi jalan raya Solo-Jogja itu ke Pemprov Jateng dengan taksiran anggaran Rp8 miliar.

Pasar Plembon selama ini dikenal sebagai pasar kambing serta burung dengan hari pasaran Pahing dan Kliwon. Belakangan, pasar tersebut dimanfaatkan untuk pasar kuda saban hari pasaran Pon.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, mengatakan desain usulan pembangunan Pasar Plembon sudah dibikin dan disampaikan ke pemprov.

“Usulan kami pasar tetap dibangun satu lantai. Total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp8 miliar. Nanti ada banyak kios mengelilingi pasar,” kata Bambang saat ditemui solopos.com di Kecamatan Klaten Utara pekan lalu.

Bambang mengatakan usulan itu disampaikan menyusul kondisi kios pasar sudah lapuk. Apalagi, beberapa waktu lalu pasar tersebut diterjang angin ribut menyebabkan satu bangunan los ambruk hingga dua orang terluka.

“Sejak kapan pasar itu dibangun pastinya saya kurang tahu persis. Yang jelas pasar tersebut perlu direnovasi,” urai dia.

Disinggung usulan memasukkan konsep pasar kuda, Bambang mengatakan usulan awal konsep pasar untuk pasar kambing. Hanya, usulan bisa diperbarui kembali dengan mengakomodasi untuk bisa digunakan sebagai tempat jual-beli kuda.

Bambang mengatakan pasar kuda di Pasar Plembon masih bersifat rintisan. Disdagkop dan UKM Klaten masih melihat prospek bergulirnya pasar tersebut.

“Dicoba dulu setidaknya berjalan selama tiga bulan kami lihat perkembangannya seperti apa. Selama ini lumayan bagus. Ada 40-50 kuda yang dipajang saban pasaran dan itu berasal dari berbagai daerah,” kata dia.

Umbul Manten Klaten Sudah Buka Lagi, Yuk Nyemplung

Kabid Penataan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM Klaten, Didik Sudiarto, mengatakan luas Pasar Plembon sekitar 5.000 meter persegi. Didik berharap usulan disetujui dan pemkab mendapatkan bantuan keuangan untuk membangun Pasar Plembon.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten