SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo memprediksi pasar personal computer (PC) di ajang Pameran National IT Expo (NIX) 2010 tinggal 10% dari total pasar produk teknologi informatika (TI) yang ada.

Hal ini lebih dipicu faktor tren yang saat ini lebih banyak bergeser ke produk portable seperti notebook dan netbook. “Kalau seperti di ajang pameran, pasar PC mungkin tinggal 10%. Tetapi, kalau melihat pasar TI di Kota Solo mungkin masih ada sekitar 30% hingga 40%,” tutur Ketua Apkomindo Solo, Ir Andoko, saat ditemui Espos, di sela-sela NIX 2010, di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Jumat (4/6).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, pasar produk TI saat ini lebih banyak memburu produk portable. Bahkan, dalam kesempatan pameran tersebut hampir semua diler hanya memajang produk notebook atau netbook. Termasuk, hasil pencapaian penjualan setiap harinya. Ada yang bisa menjual sampai 25 unit notebook per hari, bahkan 63 unit notebook per hari.

Salah satu diler Nobel Computer yang masih menawarkan produk PC mengaku peminat PC masih sangat banyak, meskipun tren saat ini adalah notebook. Pemilik Nobel Computer, Tatih Nur Hidayat, menyampaikan untuk kalangan-kalangan tertentu PC ini masih diminati. Seperti instansi, pengusaha warnet, atau sekolah. Selama masa pameran, Nobel sendiri bisa menjual 20 unit per hari.

haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya