SOLOPOS.COM - Pasar murah oleh TPID Solo (Instagram/@bankindonesiasolo).

Solopos.com, SOLO -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Surakarta menggelar pasar murah di Solo untuk mengatasi lonjakan harga sembako khususnya gula pasir. Kegiatan ini dilakukan di dua pasar sekaligus, yakni Pasar Jebres dari 4-6 Maret 2020 dan Pasar Gede 3-6 Maret 2020.

"Kegiatan Pasar Murah TPID Kota Surakarta dalam rangka stabilasasi harga gula. Naiknya harga gula pasir melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp12.500,00 di sejumlah wilayah Surakarta beberapa minggu terakhir," bunyi pengumuman TPID Solo yang diunggah oleh pengelola akun media sosial Instagram @bankindonesiasolo, Selasa (3/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fitu Unggulan Redmi Note 9: Kamera dan Fast Charging

Selain gula pasir, di pasar murah ini juga dijual beras premium dan telur ayam. Adapun harga komoditas sembako yang dijual di pasar murah Solo ini meliputi gula pasir Rp12.500 per kilo, telur ayam Rp22.000 per kilo, dan beras premium Rp10.400 per kg.

Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Berdasarkan pantauan Solopos.com di situs hargajateng.org, Rabu (4/3/2020), harga beras premium di Kota Solo berada di angka Rp11.600 per kilo.

Jadwal Pemadaman Listrik di Solo, Sragen, Boyolali & Sukoharjo, Kamis (5/3/2020)

Untuk harga gula putih mengalami peningkatan setiap harinya, hari ini harga gula pasir menyentuh angka hingga Rp16.500 per kg. Sementara itu untuk harga telur ayam terhitung stabil berkisar di angka Rp24.000 per kilonya.

Sempat Naik

Pasar murah ini merupakan bentuk kehadiran Pemerintah Kota Solo dan Bank Indonesia Solo untuk mengatasi kenaikan komoditas pangan strategi yang naik di pasaran.

Adik Sebut Pria Karanganyar Peneror Syifa Hadju Fans Posesif

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bank Indonesia Solo (@bankindonesiasolo) on

Sebelumnya, harga bawang putih di pasar tradisional Kota Solo turun meski belum stabil setelah sempat meroket beberapa waktu lalu. Di pasaran Solo, bawang putih khususnya jenis kating dijual Rp35.000/kilogram hingga Rp38.000/kg dari sebelumnya mencapai Rp60.000/kg.

Kementerian Pertanian menyebut kenaikan harga bawang putih disebabkan kepanikan dari importir dan masyarakat seiring wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, China. Adapun saat ini bawang putih kating yang dijual di Indonesia mayoritas diimpor dari China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya