Tutup Iklan

Pasar Murah Astra di Klaten Diserbu Warga

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN – Warga Butuh, Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Klaten, menyerbu gelaran Pasar Murah Astra 2019 di daerah itu, Jumat (24/5/2019). Kegiatan ini guna meningkatkan kesejahteraan warga di Butuh dan sekitarnya selama Ramadan dan menjelang Lebaran.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lapangan, pembagian sembako murah itu dilakukan dengan tertib dan aman. Panitia penyelenggara sudah membagi lokasi pengambilan sembako berdasarkan Rukun Warga (RW). Panitia Pasar Murah Astra 2019 menyediakan 500 paket sembako. Masing-masing paket berisi dua kilogram beras, dua kilogram gula pasir, satu botol sirup, satu tepung, dan dua liter minyak goreng. Di pasaran, paket tersebut dijual Rp100.000. Di Pasar Murah Astra 2019, satu paket tersebut hanya ditukar dengan uang Rp50.000.

Selain bagi-bagi paket sembako, panitia penyelenggara juga menyediakan beras murah sebanyak 500 bungkus. Masing-masing bungkus berisi dua kilogram beras. Per bungkus hanya dibanderol Rp13.000. Padahal harga di pasaran senilai Rp24.000.

“Pasar murah seperti ini sengaja digelar saat Ramadan. Total paket sembako secara nasional di tingkat pusat mencapai 32.000 paket. Bantuan ini sangat tepat sasaran karena diterima warga saat membutuhkan pasokan sembako. Saat Ramadan seperti ini kan kebutuhan warga meningkat. Di Soloraya, lokasinya hanya di sini [Butuh, Sidowarno]. Soalnya di sini ada Kampung Berseri Astra [KBA],” kata Ketua Affiliansi Company Astra (AFFCO), Ernawati Dyah Martanti, saat ditemui Solopos.com, di lokasi, Jumat.

Salah satu warga, Sri Mulyani, 43, mengaku senang. Bantuan sembako tersebut sangat diharapkan warga di saat Ramadan. “Dengan adanya bantuan atau pasar murah ini, kebutuhan pokok, seperti beras sudah tercukupi. Saya pribadi tinggal mencari kebutuhan lauk-pauk dan yang lainnya,” katanya.

Wakil KBA Butuh, Pendi Istakanudin, mengatakan KBA mulai berdiri di kampungnya sejak Agustus 2018. Berbagai kegiatan KBA mencakup bidang kewirausahaan, pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. “Dengan adanya KBA ini, kampung kami semakin maju. Kami ingin mengembangkan desa dengan konsep desa wisata wayang kulit. Di desa sini memang dikenal sebagai sentra produksi wayang kulit,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Akun Youtube Sule Berubah Nama dan Tayangkan Konten Bitcoin

Akun Youtube komedian Sule berubah nama dan siarkan secara langsung konten bitcoin.

3.065 Guru Honorer di Sragen Berebut 807 Formasi PPPK

Pada seleksi PPPK tahap I di Sragen hanya terisi 782 lowongan, sehingga digelar seleksi tahap II untuk mengisi 807 lowongan yang tersisa.

Kabar Gembira, Babak 8 Besar Liga 2 Diuji Coba Pakai Penonton

Ia menambahkan penonton yang hadir di stadion merupakan tamu undangan sehingga memperhatikan jumlah kuota stadion.

Siap-Siap! 4,8 Juta Pelaku Perjalanan Masuk Jateng saat Libur Nataru

Dinas Perhubungan atau Dishub Jateng memprediksi ada sekitar 4,8 juta pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Solo Hari Ini: 6 Desember 2014, Berpulangnya Sang Pengusaha Sukses

Tujuh tahun lalu, tepatnya pada 6 Desember 2014, seorang pengusaha sukses asal Solo berpulang. Dia adalah Komisaris PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food, Priyo Hadi Sutanto, yang mengembuskan napas pada usia 64 tahun.

Perbakin Solo Buka Pendaftaran Calon Ketua, Ini Syaratnya Lur

Bakal calon ketua merupakan anggota perorangan Perbakin yang dibuktikan dengan KTA Perbakin yang masih berlaku.

Renault Twizy, Mini Mobil Listrik Bisa Ngacir 80 Km/Jam

Renault Twizy merupakan mobil listrik mungil yang menawarkan dua pilihan seri dengan kecepatan hingga 80km/jam.

Lagi, 5 Kartu Kuning Persis Solo Berbuah Denda Rp50 Juta

Komdis PSSI mewajibkan Persis Solo membayar denda sebesar Rp50 juta setelah mendapat lima kartu kuning dalam pertandingan saat Persis Solo melawan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) pada 23 November 2021 lalu.

Semester Genap Dimulai 20 Desember, Siswa Karanganyar Tak Libur Nataru

Disdikbud Karanganyar memastikan pembelajaran siswa untuk semester genap dimulai 20 Desember 2021. Sistem pembelajarannya akan dilakukan secara daring alias pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Foto-Foto Evakuasi Korban Meninggal Tertimbun Material Gunung Semeru

Total data korban jiwa atau terdampak yang berhasil dihimpun oleh Posko yaitu warga terdampak 5.205 jiwa

Big Hit Music Berikan BTS Cuti Panjang, Ini Alasannya

Keputusan agensi memberikan member BTS cuti panjang bukan tanpa alasan.

Wahana Baru Wisata Batu Putih Bayat Klaten Ditarik Lagi ke Gudang

Saat ini rata-rata pengunjung Wisata Batu Putih per hari hanya 50 orang.

Jembatan Terpanjang se-Jateng untuk Mendukung Agropolitan Miri Sragen

Kehadiran jembatan penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri, Sragen, bakal memudahkan mobilitas warganya yang selama ini harus melintasi wilayah Boyolali untuk bisa ke Sragen kota.

Cabut Permohonan Hak Asuh, Inikah yang Diinginkan Ayah Vanessa Angel?

Jika ayah Vanessa Angel tidak cabut permohonan bersama hak asuh Gala maka pengadilan bisa langsung memutuskan perwalian anak itu jatuh kepada orang tua Bibi.

Waktu Pembangunan Fisik Jembatan Terpanjang se-Jateng Belum Pasti

Besarnya anggaran pembangunan jembatan terpanjang se-Jatenng membuat Pemkab Sragen harus mencari dukungan anggaran ke pemerintah pusat dan provinsi.