SOLOPOS.COM - Pameran otomotif (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Family car atau mobil keluarga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali di Soloraya. Sejumlah produsen mobil pun berlomba berebut ceruk keuntungan di kelas ini karena indeks permintaan family car cenderung meningkat.

Sejumlah fitur pun disematkan di mobil jenis ini, sehingga mobil keluarga bukan hanya nyaman dan aman untuk dikendarai, melainkan juga bisa menciptakan suasana hangat di tengah-tengah keluarga selama perjalanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Honda Freed, sebagai salah satu family car di Indonesia, memiliki konsep minivan berkabin tinggi dengan memadukan bentuk bodi belakang kotak dan lancip pada bagian depan. Konsep itu dibuat agar menciptakan keleluasaan ketika berinteraksi di dalam mobil.

Sales Manager Honda Solobaru, Arif Andi, Kamis (5/12/2013), mengklaim untuk faktor keselamatan, mobil dengan dimensi untuk tujuh penumpang itu diklaim terbaik di kelasnya, sebab menggunakan sistem pengereman ABS EBD. Rangka bodi Freed menggunakan G-CON+ACE untuk mengakomodasi benturan keras bila terjadi kecelakaan. “Bila ada benturan, maka energi benturan itu akan terserap lalu dibuang ke segala arah, sehingga tidak masuk ke kabin penumpang,” ujar Arif di Solo Baru.

Pihaknya juga memberikan pelayanan berkelas kepada semua pengguna mobil Honda. Ketika mobil macet di jalan, tim servis akan mendatangi dan menangani mobil yang sedang macet tersebut.

Mobil keluarga lainnya, Daihatsu Xenia, dari tahun ke tahun juga diperbaiki fiturnya. Beberapa fitur untuk memanjakan perjalanan keluarga itu antara lain berupa penyematan dual air bag untuk keselamatan di semua tipe. Jok penumpang juga dibuat lebih tebal dan lebih empuk sehingga membuat nyaman. Daihatsu juga menyematkan sistem peredam suara sehingga suara yang dihasilkan dari mesin lebih senyap.

“Daihatsu selalu berinovasi dan melahirkan hal baru untuk keamanan dan kenyamanan pengendara,” kata Kepala Cabang Daihatsu Solo Baru, Sigit Suryanto.

Di sisi lain, Nissan Grand Livina (GL) yang juga sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, juga ditambahi fitur teknologi mesin terbaru sehingga tenaga perputaran mesinnya lebih merata.

Teknologi mesin sebelumnya bisa maksimal digunakan setelah lebih dari 2.000 rpm. Namun berkat dual injector, mesin bukan hanya hemat bahan bakar, tapi perputaran mesinnya dari yang terkecil hingga tertinggi bisa merata. “Efeknya, tarikan awal maupun tarikan selanjutnya lebih bagus dan lebih responsif dan hemat bahan bakar hingga 11 persen dari sebelumnya,” terang Kepala Cabang Nissan Solo Baru, Rommy Hidayat. Pihaknya juga memberikan servis gratis mulai dari kilometer 1.000-10.000

Beda lagi dengan Suzuki Ertiga. Guna menunjang keselamatan keluarga, selain fitur standar keselamatan, mobil tersebut juga disematkan fitur side impact beam. Fitur tersebut digunakan untuk menghindari dan menahan benturan dari samping. Mobil yang mendapat predikat Car of The Year 2013 itu menggunakan mesin seri K14B dari Suzuki. “Kelebihan dari mesin ini yakni lebih ringan tapi bertenaga,” terang Marketing PT Solo Indonesia Utama, Djaja Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya