SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Pasar Kota Madiun, Gaguk Haryono. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pasar Madiun yaitu pasar Burung dan pasar Manguharjo akan direnovasi Pemkot Madiun pada 2016.

Madiunpos.com, MADIUN — Dua pasar tradisional di Kota Madiun yaitu pasar Burung dan pasar Manguharjo akan direnovasi total oleh Pemkot Madiun pada 2016. Pemkot sudah menyiapkan anggaran senilai Rp2,5 miliar untuk memperbaiki pasar tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Pasar Kota Madiun, Gaguk Haryono, mengatakan dua pasar tradisional tersebut kondisinya sudah rusak dan tidak layak untuk tempat berjualan, sehingga perlu ada perbaikan total. Untuk pasar Burung, Pemkot menyediakan anggaran senilai Rp1,2 miliar. Sedangkan pasar Manguharjo disediakan anggaran senilai Rp1,3 miliar.

Gaguk mengatakan tahun 2016 ini Pemkot hanya akan memperbaiki dua pasar tradisional tersebut. ini karena melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran. “Dua pasar itu sudah lama rusak, bahkan sejak dua pasar itu dibangun belum pernah ada perbaikan. Untuk itu, pada tahun ini difokuskan untuk melakukan renovasi dua pasar tradisional itu,” kata Gaguk saat berbincang dengan Madiunpos.com, Rabu (24/2/2016).

Untuk pasar Burung, kata dia, saat ini proses lelang sudah selesai dan renovasi pasar akan dimulai pada Maret 2016. Saat proses renovasi, pedagang yang ada di pasar itu akan diminta untuk mengosongkan kios dan pindah ke tempat lain. Tetapi, saat proses renovasi Pemkot tidak menyediakan pasar darurat bagi pedagang.

“Kami tidak memiliki tempat untuk membuat pasar darurat, sehingga pedagang pasar sendiri diminta untuk mencari tempat selama proses renovasi. Saat ini sejumlah pedagang juga sudah mulai membongkar kios dan mencari tempat berjualan sementara,” jelas dia.

Konsep renovasi pasar Burung, kata Gaguk, bangunan pasar akan dibuat seperti “leter U” dengan tempat parkir di tengah pasar. Sedangkan untuk pasar Manguharjo direncanakan baru dibangun pertengahan tahun 2016. Saat ini, Pemkot baru membuat desain bangunan yang pas untuk pasar Manguharjo.

“Untuk jumlah pedagang di pasar Burung hanya 17 orang, nanti semisal renovasi sudah jadi, yang boleh menempati pasar pun hanya 17 orang itu. Kami tidak menyediakan tempat bagi pada pedagang baru,” jelas dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya