Tutup Iklan

Pasar Krempyeng Dihelat Solo demi Berdayakan Ekonomi Warga

Kampung KB RW 011, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo menghelat pasar krempyeng untuk pemberdayaan ekonomi warga.

 Suasana aktivitas perdagangan di Pasar Krempyeng, RT 005/RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (28/2/2021). Warga membangun pasar yang buka setiap Minggu untuk memasarkan produk warga setempat. (Solopos.com-Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Suasana aktivitas perdagangan di Pasar Krempyeng, RT 005/RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (28/2/2021). Warga membangun pasar yang buka setiap Minggu untuk memasarkan produk warga setempat. (Solopos.com-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pengurus Kampung KB RW 011, Minggu (28/1/2021), meresmikan pasar krempyeng sebagai wadah pemberdayaan ekonomi warga di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah. Pasar krempyeng itu dijadikan Solo sebagai solusi untuk menawarkan produk warga setempat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, belasan pedagang menjual berbagai kerajinan serta kuliner, antara lain koja atau keramba, sabun cair cuci tangan, aksesori dari limbah bahan pakaian, dan jenang.

Baca Juga: Ini Keunggulan Bengalore Penyebab Elon Musk Bikin Pabrik Tesla di India

Empat anak usia sekolah merajut keramba untuk mengisi waktu luang dan menambah uang saku selama pembelajaran jarak jauh. Tenda untuk pasar dibangun di tanggul wilayah setempat yang akan buka setiap Minggu pagi.

Pengusaha Baru

Ketua Pokja Kampung KB RW 011 Kelurahan Sangkrah, Sukini, menjelaskan warga yang berjualan merupakan pedagang baru dan pedagang yang sudah memiliki usaha. Warga setempat banyak yang menjalankan usaha di rumah.

“Pasar ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Yang terdaftar 13 pedagang. Pasar akan kami kembangkan lagi dengan menambah tenda atau payung,” kata dia kepada Solopos.com.

Baca Juga: Landainya Kasus Covid-19 Bikin Tesla Makin Yakin Bikin Pabrik di India

Salah satu kader atau pengurus Kampung Makmur Sangkrah, Anissa Nur Cahya, 53, ibu-ibu setempat memproduksi sabun, aksesori, dan teh sereh tapi terkendala pemasaran. Dia berharap pasar bisa meningkatkan penjualan produk warga setempat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solo, Purwanti, menjelaskan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera merupakan bagian dari program Bangga Kencana. Salah satu tujuan Kampung KB untuk mengentaskan kemiskinan dan kini Kota Solo memiliki 17 Kampung KB yang sudah terbentuk.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Makam Pinggir Jalan di Pajang Solo, Empunya Siapa?

Ada makam pinggir jalan di Pajang, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, yang dulu ternyata sumur. Kira-kira siapa yang dikubur di makam tersebut?

Dedy dan Suwardi Jadi Kandidat Kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen

Nama Dedy Endriyatno dan Suwardi mencuat sebagai kandidat kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen.

Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

Lansia di Klaten lebih suka vaksin Sinovac daripada vaksin AstraZeneca.

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.