SOLOPOS.COM - Kabid Pendapatan Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo, Sigit Prakoso (dua dari kiri), meninjau stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat peresmian pasar kreatif Pakem di lantai II, Pasar Kembang, Solo, Minggu (28/2/2016). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pasar kreatif Solo, Pakem Solo yang berada di lantai II Pasar Kembang belum beroperasi seusai peresmian.

Solopos.com, SOLO–Sehari selepas peresmian, Pakem Solo yang menempati lantai II Pasar Kembang sisi utara, Senin (29/2/2016), belum beroperasi. Pasar kreatif yang khusus menjajakan produk kreatif dari pengrajin usaha kecil menengah (UKM) dan ruang kreatif ini baru dioperasikan mulai, Selasa (1/3/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, Senin siang, dua akses utama menuju pasar kreatif masih digembok petugas keamanan. Sementara barang dagangan dari 14 UKM kerajinan masih dipajang di galeri Pakem Solo. Pakem Solo baru dibuka pengelola pukul 14.30 WIB untuk persiapan operasional.

Pedagang bunga dari kios Bu Warni, Suhono, 42, menuturkan sejak peresmian Minggu (28/2/2016) siang belum nampak aktivitas berarti di pasar kreatif tersebut. “Kemarin siang [Minggu] setelah pembukaan  sudah pada kukut. Hla wong baru diresmikan sehari kok hari ini sudah tutup lagi,” tanyanya saat ditemui di lapaknya, Senin siang.

Suhono berharap banyak ke depan aktivitas jual beli di Pakem Solo bisa meramaikan pasar bunga di lantai dasar. “Aktivitas perdagangan di sini cukup sepi. Kami kalah dengan bakul kembang yang dhasaran di tepi jalan. Harapan kami kalau di atas bisa ramai, paling tidak ada potensi di sini ikut ramai,” tuturnya.

Senada dengan Suhono, Pedagang bunga dari kios Bu Keblak, Wawan, 30, juga mempertanyakan operasional Pakem Solo. “Baru kemarin buka kok sudah tutup. Padahal sudah diresmikan dengan meriah. Sebelumnya kami tidak diberi tahu kepastian operasionalnya. Dari dulu pembongkaran juga tidak diberi tahu,” katanya.

Juru parkir yang berjaga di selasar Pasar Kembang, Budi Asmoro, 54, turut berharap Pakem Solo segera rutin beroperasi agar kegiatan ekonomi di pasar tersebut lebih menggeliat. “Di sini ramai paling kalau malam Jumat. Selain itu ya sepi seperti ini. Bakul di pasar kalah dengan yang jualan di pinggir jalan. Semoga pasar segera rutin buka dan segera ramai,” harapnya.

Pelaksana Harian Pakem Solo, Ahmad Dhafir, menjelaskan pasar kreatifnya baru akan dibuka untuk umum pada Selasa (1/3/2016). “Hari ini kami masih persiapan teknis dengan 14 pengusaha UKM yang menitipkan barang di sini. Kami baru akan membicarakan sistem pengelolaan barang. Pasar akan dibuka setiap hari mulai pukul 14.00 WIB-22.00 WIB mulai Selasa,” jelasnya saat ditemui wartawan di Pakem Solo, Senin siang.

Ahmad mengatakan selain persiapan teknis, pihaknya juga harus merampungkan persiapan lain seperti pemasangan koneksi Internet dll. “Hari ini kami baru mengupayakan koneksi Internet untuk co-working space dan menunjang kebutuhan workshop. Pekan ini juga rencananya kami mulai sediakan wedangan,” terangnya.

Koordinator Pengelola Pakem Solo, Budi Prajitno, menambahkan Senin siang pihaknya masih berkoordinasi dengan Bappeda dan Dinas Pengelolaan Pasar terkait pengeloaan pasar kreatif. “Mulai besok [Selasa] kami coba buka jam 14.00 WIB-22.00 WIB. Biasanya orang cenderung belanja oleh-oleh siang dan nongkrong saat sore. Jam ini nantinya kami evaluasi pelaksanaannya,” paparnya.

Disinggung soal pengelolaan, Budi mengatakan pengusaha UKM produk kreatif yang memajang barang dagangan di tempatnya akan diganti setiap dua pekan sekali. “Mereka kami arahkan menjaga sendiri barang dagangannya. Namun kami juga menyiapkan petugas jaga di sini. Kalau mereka tidak ada, tinggal menitipkan barang yang sudah dilengkapi label harga ke pengelola,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya