SOLOPOS.COM - Sejumlah pedagang Pasar Klewer timur menata kios daruratnya di Alut Keraton Solo, Selasa (19/9/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Proyek revitalisasi Pasar Klewer Solo sisi timur ditargetkan rampung Juli 2020 mendatang. Pemenang tender pembangunan pasar itu telah menandatangani kontrak kerja per Selasa (26/11/2019).

Sejak tanggal itu, mereka harus mulai bekerja dengan target merampungkan pembangunan pada Juli 2020. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama pelaksana proyek mengebut persiapan akhir pembangunan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jateng, Endra Bekti Nusantara, menyebut ada sejumlah hal yang perlu dimatangkan dan dikoordinasikan terkait revitalisasi Pasar Klewer Timur.

Warga Wonogiri Segera Nikmati Jaringan Internet Tanpa Kuota Rp25.000/Bulan

Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan sebelum memulai pengerjaan. “Nah, mudah-mudahan pekan depan sudah pre-construction meeting [PCM] sehingga akhir bulan depan kami bisa mulai action di lapangan,” kata dia kepada wartawan seusai sosialisasi pembangunan Pasar Klewer sisi timur di Balai Tawang Praja Kompleks Balai Kota Solo, Rabu (27/11/2019).

Endra menjelaskan sesuai kontrak kerja, proyek berlangsung selama 240 hari atau delapan bulan. Akhir Juli diharapkan pekerjaan tersebut telah selesai.

Kendati begitu, ia menyebut masa pembangunan selama delapan bulan sangat mepet. “Memang sangat mepet. Tapi karena Pemkot sudah menyewa Alun-alun Utara untuk pasar darurat sesuai waktu itu, proyek harus dikerjakan dengan cepat,” kata dia.

10.000-An Melamar CPNS Klaten, Ini 2 Lowongan Terfavorit

Perwakilan Pelaksana Proyek, Kusworo, mengaku segera berkoodinasi dengan sejumlah pihak agar PCM segera digelar, seperti dengan Kementerian PUPR, Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Perhubungan (Dishub), kepolisian, sampai Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

“Saat PCM kami bakal mulai koordinasi sehingga persiapan sebulan berikutnya cukup untuk memulai pembangunan,” kata dia.

Agnez Mo Tak Akui Berdarah Indonesia? Cek Kronologi Lengkap Percakapannya

Pelaksana Humas Paguyuban Pedagang Pasar Klewer Timur, Tri Suwarni, mengaku lega dengan sudah adanya kejelasan jadwal pembangunan tersebut. Kondisi pasar darurat yang ditempati pedagang selama beberapa tahun terakhir membuat omzet pedagang turun.

Selain itu, pedagang kurang nyaman dengan kios darurat terlebih di musim penghujan. “Omzet turun karena pembeli malas mampir ke kios darurat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya