SOLOPOS.COM - Proyek pembangunan Pasar Klewer sudah selesai 100% dan akan diserahkan ke Pemkot Solo, Rabu (1/2/2017). Foto diambil Minggu (29/1/2017). (Nicolaus Irawan/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer Solo telah selesai dibangun dan segera diresmikan.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan penyerahan kunci kios Pasar Klewer baru kepada pedagang dilakukan akhir Maret 2017, meskipun peresmian mundur April mendatang. Penyerahan kunci dilakukan setelah pemerintah melakukan verifikasi data pedagang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perdagangan, Subagiyo, mengatakan pemindahan pedagang dari pasar darurat ke bangunan pasar yang baru akan dilakukan sesuai tahap yang disiapkan. “Untuk pemindahan ada tahapannya, kami akan lakukan sesuai tahapannya. Pada awal Maret dilakukan verifikasi [data pedagang]. Akhir Maret kunci akan diserahkan,” kata dia kepada Koran Solo/JIBI, Minggu (19/2/2017).

Ia mengatakan verifikasi pedagang dilakukan dengan memeriksa berkas persyaratan dari pedagang. Untuk proses pengumpulan berkas persyaratan penempatan pedagang dari para pedagang telah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. Namun begitu pada Kamis (16/2/2017), belum semua pedagang menyerahkan berkas tersebut melalui paguyuban masing-masing.

Berkas yang telah terkumpul saat ini telah diserahkan ke petugas pasar untuk dicek ulang. Menurut Kepala Pasar Klewer, Edi Murdiarso, setelah dilakukan pengecekan di kantor pasar, berkas persyaratan tersebut akan diserahkan ke Dinas Perdagangan untuk diperiksa kembali.

Sebelumnya Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) berharap penyerahan kunci dapat dilakukan awal Maret meskipun peresmian pasar diundur pada April. Menurut Pejabat Humas HPPK, Kusbani, hal itu diperlukan agar pedagang dapat melakukan persiapan sebelum peresmian pasar. (baca: Peresmian Ditunda, HPPK Berharap Kunci Tetap Diserahkan Maret)

“Sejauh ini pedagang belum mengetahui kondisi bagian dalam pasar yang baru. Tidak masalah peresmian ditunda, justru lebih baik ditunda jika memang belum siap. Tapi untuk penyerahan kunci diharapkan bisa dilakukan awal Maret agar pedagang bisa melihat kondisi kios dan menatanya,” kata dia belum lama ini.

Diberitakan, peresmian Pasar Klewer yang semula direncanakan Maret, ditunda April 2017. Menurut Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, peresmian pasar masih menunggu perbaikan jalan lingkungan di sekitar pasar dan perbaikan lantai basement karena masih terdapat genangan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya