SOLOPOS.COM - PENATAAN -- Suasana Pasar Klewer beberapa waktu lalu. Segenap komponen pemangku kepentingan telah sepakat bertindak mengatasi kesemrawutan yang selama inji sering dikeluhkan masyarakat. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

PENATAAN -- Suasana Pasar Klewer beberapa waktu lalu. Segenap komponen pemangku kepentingan telah sepakat bertindak mengatasi kesemrawutan yang selama inji sering dikeluhkan masyarakat. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO – Sejumlah perwakilan pedagang Pasar Klewer beserta pemangku kepentingan lain sepakat menuntaskan semua kesemrawutan di Pasar Klewer. Hal tersebut dicapai dalam rapat koordinasi di Aula Dinas Pengelolaan Pasar Solo, Rabu (14/3/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rapat koordinasi yang membahas tentang kesemrawutan di Pasar Klewer tersebut dihadiri perwakilan dari pengelola Pasar Klewer, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi Sektor (Polsek) Pasar Klewer, Persatuan Pedagang Pelataran Pasar Klewer (P4K), Komunitas Pedagang Pasar Klewer (KPPK), Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) dan komunitas pedagang pelataran. Dalam rapat itu, seluruh pedagang diminta mengurai dan mencari solusi masalah kesemrawutan di Pasar Klewer.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa hal yang saat itu diungkapkan pedagang diantaranya seputar kemacetan lalu lintas, keamanan, keberadaan pengamen dan fasilitas pasar. Pedagang Pasar Klewer yang saat itu mengikuti rapat, Agung, menilai beberapa pengendara di sekitar Pasar Klewer yang berjalan melawan arus lalu lintas, yang menyebabkan kemacetan semakin bertambah parah. “Kadang di depan Pasar Klewer itu ada yang mengendarai sepeda atau becak menuju arah timur. Padahal kan itu enggak boleh,” ungkapnya.

Sementara Ketua KPPK, Suhardi, sempat mengusulkan pengadaan genset untuk penerangan di Pasar Klewer saat ada pemadaman listrik. Suhardi menilai Pasar Klewer perlu memiliki genset, agar kondisi pasar tidak terlalu gelap saat ada pemadaman listrik.

Kepala DPP Solo, Subagiyo, yang saat itu memimpin rapat, memberikan sejumlah solusi terhadap semua keluhan yang disampaikan peserta rapat. Ia mengatakan semua kesepakatan dalam rapat siang itu akan segera ditindaklanjuti. Secepatnya, akan dibuat surat edaran yang berisi semua hasil rapat.

Lebih lanjut, Subagiyo, mengatakan akan meminta kerja sama Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Pasar Klewer. Ia juga akan meminta bantuan Satpol PP untuk menertibkan pengamen, terlebih saat Jumat. “Besok, setiap Jumat, Satpol PP akan saya minta menertibkan pengamen yang sering berkeliaran di pelataran pasar,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Subagiyo, mengatakan pada 2013, DPP akan menyiapkan genset untuk Pasar Klewer. Tahun ini, ia akan berencana merancang pengadaan genset tersebut. “Ya semua kan perlu dirancang, tahun ini coba kami rancang dulu. Butuh berapa, dan ditempatkan dimana,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya