SOLOPOS.COM - Proyek pembangunan Pasar Klewer sudah selesai 100% dan akan diserahkan ke Pemkot Solo, Rabu (1/2/2017). Foto diambil Minggu (29/1/2017). (Nicolaus Irawan/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer, kontraktor pelaksana pembangunan Pasar Klewer berjanji memperbaiki jalan lingkungan sekitar pasar.

Solopos.com, SOLO — PT Adhi Karya selaku kontraktor pelaksana pembangunan Pasar Klewer berjanji memperbaiki jalan lingkungan sekitar pasar. Jalan tersebut rusak akibat dilalui kendaraan proyek.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hal itu disampaikan General Manajer (GM) PT Adhi Karya, Sukaryo, kepada wartawan, Minggu (26/2/2017). Sukaryo mengatakan pengerjaan pengecoran sejumlah lokasi jalan yang rusak akan dilakukan PT Adhi Karya. “Nanti akan kami cor jalan yang rusak,” katanya. (Baca juga: Tunggu Perbaikan Jalan Rampung, Peresmian Pasar Klewer Molor)

Sesuai rencana pengerjaan pengocoran jalan dilakukan secepatnya. Sukaryo akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Solo terkait perbaikan jalan tersebut. Hal itu mengingat perbaikan jalan tidak hanya dibebankan kepada kontraktor, namun Pemkot ikut dibebani.

Sebelumnya, Pemkot meminta kontraktor ikut memperbaiki kerusakan jalan lingkungan Pasar Klewer yang rusak akibat terdampak proyek pembangunan pasar tersebut. Pemkot membebankan proyek pengerjaan jalan itu kepada PT Adhi Karya.

“Sebenarnya sesuai kontrak kerja, [kewajiban] kami hanya fisik bangun pasar. Perbaikan jalan tidak masuk dalam pengerjaan, tapi ya sudah kami siap memperbaiki,” katanya.

Paket pekerjaan PT Adhi Karya adalah merampungkan pembangunan lantai I dan lantai II. Itupun tidak termasuk dalam pengerjaan mechanical electric (ME) dan peralatan listrik lainnya. Sedangkan tahap I yang meliputi pembangunan struktur bangunan basement dan semi basement dikerjakan PT Wijaya Karya (Wika) pada 2015 lalu.

Untuk saat ini, pengerjaan oleh PT Adhi Karya telah selesai 100 persen, tinggal pembersihan. Tak hanya memperbaiki jalan, sebelumnya PT Adhi Karya memberi bonus khusus pembangunan 13 kios tambahan bagi pedagang Pasar Klewer.

Kios tersebut dibangun sebagai pengganti kios yang letaknya di gang buntu. “Ke-13 kios sudah kami bangun. Sudah selesai semuanya,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Subagiyo, mengatakan Dinas PUPR bersedia memperbaiki jalan lingkungan Pasar Klewer dengan syarat Dinas PUPR meminta Adhi Karya meratakan jalan dengan tanah pasir dan batu (sirtu).

Selanjutnya pengaspalan jalan akan dikerjakan Dinas PUPR. Harapannya perbaikan jalan lingkungan dikerjakan secepatnya. “Komunikasi terakhir, pihak manajemen Adhi Karya siap mengerjakannya,” katanya.

Subagiyo menyebutkan beberapa lokasi jalan yang rusak di antaranya di sisi selatan, utara, dan barat Pasar Klewer. Selama masa pemeliharaan enam bulan ke depan, PT Adhi Karya akan bertanggung jawab atas kerusakan di bangunan tersebut.

Sesuai rencana, Pemkot menjadwalkan pertengahan Maret dilakukan penyerahan kunci kepada pedagang yang memenuhi persyaratan. Pedagang akan diberi waktu dua pekan untuk menata dagangan sebelum membuka kios. Baru pada awal April, secara resmi seluruh pedagang membuka kios di Pasar Klewer.

“Siapa yang nanti meresmikan, kita tunggu saja. Yang jelas semua sudah beres dulu baru diresmikan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya