PASAR JOHAR TERBAKAR : Relokasi Pedagang Dilakukan setelah Lebaran

PASAR JOHAR TERBAKAR : Relokasi Pedagang Dilakukan setelah Lebaran

SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas kepolisian berjaga-jaga di salah satu sudut kawasan Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar. Foto daimbil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Sejumlah petugas kepolisian berjaga-jaga di salah satu sudut kawasan Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar. Foto daimbil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)
Sejumlah petugas kepolisian berjaga-jaga di salah satu sudut kawasan Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar. Foto daimbil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Pasar Johar terbakar langsung direspons cepat oleh Pemkot Semarang. Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan pemindahan Pasar Johar ke tempat relokasi dilakukan setelah Lebaran 

 

Solopos.com, SEMARANG - Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan pemindahan pedagang di Pasar Johar ke tempat relokasi di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah setempat setelah Lebaran 2015.

"Tadinya, Pemerintah Kota Semarang menargetkan semua pedagang (Pasar Johar) pindah ke kawasan MAJT paling lambat satu hari sebelum Ramadhan," katanya, saat meninjau Pasar Johar Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (14/5/2015).

Pada kesempatan itu, Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi melakukan dialog dengan para pedagang dan perwakilan kelompok pedagang Pasar Johar untuk membahas rencana pembangunan tempat relokasi pedagang.

Dua anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, yakni Bambang Sadono dan Parlindungan Purba yang juga tengah meninjau Pasar Johar, ikut bergabung dengan Wali kota yang berdialog dengan para pedagang.

Hendi mengatakan para pedagang ternyata menginginkan selama Ramadhan sampai Lebaran tahun ini untuk berjualan di tempat-tempat darurat yang disiapkan, sembari menunggu pembangunan di MAJT rampung.

"Rencananya, pembangunan tempat relokasi di kawasan MAJT dikebut selama 1-1,5 bulan. Namun, pedagang menginginkan agar saat Lebaran masih berjualan di sini [sekitar Pasar Johar]," katanya.

Dari hasil dialog dengan para pedagang, kata dia, Pemkot Semarang akan memberikan tenggat waktu "boyongan" yang relatif longgar bagi pedagang ke kawasan MAJT, yakni satu minggu setelah Lebaran.

Dalam pertemuan dengan para pedagang itu, Hendi juga menawarkan tempat-tempat relokasi yang bisa dipilih, sembari menunggu pembangunan tempat relokasi, seperti Pasar Bulu dan Pasar Ikan Higienis Rejomulyo.

Sementara untuk tempat relokasi yang dibangun secara semi-permanen di kawasan MAJT, ia mengatakan pedagang tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan konsumen setelah pindah ke kawasan MAJT Semarang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.