PASAR JOHAR TERBAKAR : Pembangunan Pasar Darurat Butuh Rp27 Miliar

PASAR JOHAR TERBAKAR : Pembangunan Pasar Darurat Butuh Rp27 Miliar

SOLOPOS.COM - Puluhan pedagang korban kebakaran Pasar Johar mengantre untuk mendapatkan nomor undian lapak berdagang di Jl. Agus Salim, Semarang, Selasa (12/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos/dok)

Pasar Johar terbakar akhir pekan lalu dan kini pemerintah setempat memikirkan upaya membangun pasar darurat.

Solopos.com, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyatakan untuk membangun pasar darurat di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) untuk menampung pedagang Pasar Johar membutuhkan dana Rp27 miliar.

Kepala Bagian Humas Pemkot Semarang, Ahyani mengatakan di MAJT nantinya akan dibangun sekitar 6.000 buah kios sementara berukuran antara 2X2 meter dan 2X3 meter.

”Dari perhitungan tim anggaran untuk membangunan sekitar 6.000 kios tersebut membutuhkan anggaran dana Rp27 miliar,” katanya kepada solopos.com di Semarang, Selasa (12/5/2015).

Anggaran dana sebesar itu, lanjut dia, berasal dari Pemkot Semarang dan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

”Kami segera menyampaikan surat permohonan anggaran dana kepada Gubernur Jawa Tengah,” imbuh dia.

Sambil menunggu pembangunan pasar sementara di kawasan MAJT, Ahyani mengungkapkan para pedagang akan ditempatkan pada sejumlah lokasi untuk berjualan. Ada beberapa lokasi milik Pemkot Semarang yang bisa digunakan untuk berjualan antara lain, Pasar Rejomulyo, Pasar Sampangan, shopping center Johar, dan gedung parkir.

Terkait anggaran dari Pemkot Semarang untuk Pasar Johar, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebelumnya menyatakan telah mengalokasikan senilai Rp10 miliar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyatakan akan mengalokasikan dana senilai Rp9 miliar lebih untuk membantu pembangunan pasar sementara pedagang Pasar Johar.

”Bila kebakaran Pasar Klewer, Solo, kami membantu Rp9 miliar, untuk Pasar Johar kemungkinan lebih dari Rp9 miliar,” ungkap Ganjar.

Mengenai sumber dana, Ganjar menyatakan berasal dari pos dana tak terduga APBD, karena kebakaran Pasar Johar pada Sabtu (9/5/2015) malam merupakan bencana.

”Masih menunggu pengajuan bantuan dana Pemkot Semarang butuhnya berapa untuk membangun pasar sementara bagi pedagang korban kebakaran Pasar Johar,” ucap dia.

Ganjar menambahkan bila dananya masih kurang akan meminta pemerintah pusat untuk ikut membantu membiayai pembangunan pasar sementara.

Sementara, ratusan pedagang juga masih mengais barang dagangan yang kemungkinan tersisa di kios tempat mereka berjualan yang terbakar.

Sebagian pedagang mengantre untuk mendapatkan nomor undian lapak sementara yang akan didirikan di pinggir Jl. Agus Salim di depan Pasar Johar.

“Rencananya akan didirkan lapak sementara untuk berjualan di pinggir Jl. Agus Salim,” kata seorang pedagang, Nur Rohman.

Berita Terkait

Berita Terkini

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

Berkah Bulan Puasa, Penjualan Eceran Maret 2021 Melejit dari Posisi Minus

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).

OTT Bupati Nganjuk, Diehard Orang Terbaik KPK

"Udah masuk list 75, tapi masih OTT smiling face with smiling eyes."

8 Desa di Karanganyar Ini Harus Bersiap Hadapi Kekeringan

Dilakukan pengeboran sumur dalam di beberapa lokasi di Karanganyar agar kebutuhan air bersih warga di wilayah kekeringan terpenuhi.

4 Orang Sudah Negatif, Tinggal 4 Pegawai Kantor Imigrasi Solo Positif Covid-19

Kantor Imigrasi Solo membuat mekanisme work from home (WFH) dan work from office (WFO), WFH diprioritaskan untuk pegawai lansia dan memiliki komorbid.