SOLOPOS.COM - Pasar Johar, pasar tradisional terbesar di Kota Semarang, Sabtu (9/5/2015) sekitar pukul 21.00 WIB, terbakar. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah. (Insetyonoto/JIBI/Solopos/dok)

Pasar Johar terbakar Sabtu (9/5/2015) malam.

Solopos.com, SEMARANG – Kebakaran sejak Sabtu (9/5/2015) malam meluluhlantakkan Pasar Johar Semarang. Bahkan Pasar Yaik Permai yang berada di sebelah barat Pasar Johar ikut hangus terbakar.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Untuk sementara, para pedagang Pasar Johar bakal ditampung di Pasar Ikan Higienis di Jl. Pengapon Semarang.

“Mulai besok para pedagang sudah bisa memindahkan barang dagangannya ke Pasar Ikan Higienis,” kata Wali Kota Semarang Hendra Prihadi di lokasi kejadian di Semarang, Minggu (10/5/2015) dini hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, penggunaan Pasar Ikan Higienis yang terletak di sebelah Pasar Rejomulyo tersebut untuk membantu pedagang menampung dagangannya. Ia mengatakan pengamanan terhadap barang dagangan para korban juga akan dijamin.

Pemerintah kota, kata dia, juga akan menyiapkan kendaraan untuk membantu pedagang memindahkan dagangannya.

Ia mengimbau para pedagang tidak panik dengan kejadian tersebut. “Kami upayakan agar pedagang tetap nyaman,” kata dia dilansir Antara.

Pada kesempatan terpisah, Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Burhanudin menjamin keamanan barang dagangan yang diselamatkan dalam kejadian itu.

Polrestabes Semarang menerjunkan sekitar 500 personel untuk membantu pengamanan. “Kami harap masyarakat juga membantu petugas, jangan melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Sementara hingga pukul 08.50 WIB pagi ini, kebakaran di Pasar Johar belum padam seluruhnya. Aksi pemadaman yang dilakukan dinas pemadam kebakaran yang dibantu aparat TNI/Polri dan Satpol PP menjadi tontonan warga.

Asap hitam terlihat masih mengepul dari tengah pasar terbesar di Kota Semarang itu. Para warga menonton amukan si Jago Merah melalui kantong-kantong parkir di sekitar lokasi.

“Para pengunjung diharap meninggalkan lokasi,” teriak petugas dinas pasar menggunakan pengeras suara, Minggu, seperti dilansir Detik.

Pasar Johar terbakar Sabtu pukul 20.15 WIB. Ribuan kios diperkirakan hangus akibat peristiwa tersebut. (baca: Ini Dia Dokumentasi Amuk Api Pasar Johar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya