SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas kepolisian berjaga-jaga di salah satu sudut kawasan Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar. Foto daimbil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Sejumlah petugas kepolisian berjaga-jaga di salah satu sudut kawasan Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar. Foto daimbil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Sejumlah petugas kepolisian berjaga-jaga di salah satu sudut kawasan Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar. Foto daimbil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Pasar Johar terbakar juga direspons cepat oleh Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. Mendag memastikan revitalisasi Pasar Johar 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mamastikan revitalisasi Pasar Johar Semarang pascakebakaran yang menghanguskan ribuan kios pada Sabtu (9/5/2015) petang.

“Dalam jangka panjang kami memastikan akan melakukan revitalisasi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini kami akan segera melaporkan kondisi terbaru Pasar Johar kepada Presiden,” katanya di sela kunjungan ke Pasar Johar Semarang, Jateng seperti dikutip Antara, Senin (11/5/2015).

Ke depan pihaknya juga akan memberikan perhatian kepada pasar-pasar lain, karena di Indonesia juga ada pasar-pasar lain yang kondisinya juga seperti Pasar Johar.

Mengenai Pasar Johar yang juga merupakan bangunan cagar budaya, pihaknya akan berupaya untuk mempertahankan dan menjaga originalitasnya.

“Nilai sejarahnya luar biasa, jadi harus dipertahankan,” ucapnya.

Mengenai langkah jangka pendek, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah yaitu gubernur dan wali kota untuk membahas langkah antisipasi pascakebakaran tersebut.

Menurut dia, Pemerintah Pusat bersama pemerintah daerah akan mencoba mencari lokasi yang tepat untuk pasar darurat. Upaya tersebut penting karena saat ini sudah mendekati Lebaran.

“Kita sudah memasuki jelang bulan puasa sehingga suplai kebutuhan pokok harus dipenuhi. Oleh karena itu, perlu tempat bagi para pedagang untuk berjualan kebutuhan pokok masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, mengenai jaminan pangan untuk masyarakat Semarang, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memastikan kebutuhan pokok untuk masyarakat akan dipenuhi oleh pasar lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya