SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Ganjar Pranowo (Dok/JIBI/Solopos)

Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Pasar Johar terbakar menjadi pelajaran penting untuk semua daerah di Jawa Tengah. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menginstruksikan jajarannya untuk mengecek semua hidran dan listrik di semua pasar

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan jajarannya untukmelakukan pengecekan instalasi listrik dan hidran di semua pasar secara berkala untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

“Instalasi listrik dan hidran harus ditata serta diaudit semuanya, kalau perlu dilakukan per tiga bulan karena banyak hidran yang tidak aktif saat dibutuhkan,” kata Ganjar saat mengunjungi sejumlah titik lokasi kebakaran yang terjadi di Pasar Johar Semarang seperti dikutip Antara, Minggu (10/5/2015).

Ia mengungkapkan bahwa banyak instalasi listrik dan hidran di sebagian besar pasar yang tidak terkelola dengan baik sehingga berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran.

“Saya sudah berbicara agar seluruh pasar baru yang dibangun harus bekerja sana dengan PLN dalam membuat sistem keamanan dan pengamanan terkait dengan instalasi listrik,” ujarnya didampingi Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana.

Menurut Ganjar, yang menjadi permasalahan saat ini adalah instalasi listrik di pasar-pasar yang sudah lama dibangun itu banyak yang tidak terawat.

“Banyak [instalasi listrik] yang sudah tidak karuan dan harus dibongkar ulang,” katanya.

Terkait dengan kebakaran di Pasar Johar Semarang, Ganjar berpendapat ada dua hal yang harus dipikirkan pascakebakaran yaitu mencari lokasi pasar sementara dan yang super sementara untuk menampung para pedagang agar tetap bisa mencari nafkah.

“Sebelum pasar sementara dibangun, harus dibuatkan los sementara, lha (lokasi) pasar super sementaranya itu di mana,” ujarnya.

Ganjar meminta kebutuhan yang bersifat darurat segera disampaikan dinas terkait agar Pemerintah Provinsi Jateng dapat membantu.

“Pak Wali [Walikota Semarang] sedang menyiapkan beberapa aset pemkot untuk dipakai pedagang Pasar Johar pascakebakaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya