SOLOPOS.COM - Warga berkerumun menyaksikan kebakaran yang menghanguskan Pasar Johar Semarang, Sabtu (9/5/2015) malam. (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Pasar Johar terbakar tadi malam dan hingga siang ini asap masih mengepul di lokasi kebakaran.

Solopos.com, SEMARANG – Hingga Minggu (10/5/2015) siang, asap yang berasal dari sisa kebakaran di Pasar Johar Semarang masih mengepul. Para personel pemadam kebakaran pun masih menyemprotkan api di puing-puing kios di Pasar Johar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski asap masih tampak jelas mengepul dari dalam Pasar Johar, sejumlah pedagang terlihat menyempatkan masuk untuk mengambil barang dagangan mereka yang masih bisa diselamatkan dibantu aparat kepolisian dan TNI.

Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Dinas Kebakaran Kota Semarang Sumarsono yang ditemui di lokasi mengakui sisa-sisa kebakaran memang masih mengepulkan asap yang cukup pekat.

“Kalau api sebenarnya sudah berhasil kami kuasai, namun sisa-sisa kebakaran ini ngureng. Istilahnya, di bagian atasnya sudah padam, namun bagian dalamnya masih membara,” kata dia dilansir Antara.

Ia mengatakan bara api yang masih mengepulkan asap itu berasal dari material sisa-sisa kebakaran kios-kios tertentu yang kebanyakan berupa tripleks, kayu, kain, pakaian, plastik, dan sejenisnya.

Sumarsono menjelaskan pihaknya sudah berkonsultasi dengan tim ahli bangunan gedung untuk mengecek kondisi bangunan pascaterbakar dan kondisi terparah justru pada material tambahan.

“Struktur utama bangunan Pasar Johar, seperti atap cendawan tidak begitu parah, namun material-material tambahan, seperti kios-kios dari tripleks dan papan ludes terbakar,” kata dia.

Sampai saat ini, kata dia, Dinas Kebakaran Kota Semarang, dibantu unit pemadam kebakaran dari daerah lain, seperti Kabupaten Demak, Kendal, dan Kabupaten Semarang masih siaga di lokasi.

Diberitakan, Pasar Johar Semarang terbakar hebat pada Sabtu (9/5/2015) malam, sekitar pukul 20.15 WIB, menghanguskan setidaknya ribuan kios pedagang yang ada di pasar itu.

Angin yang bertiup kencang menyebabkan kebakaran terus merembet ke Pasar Yaik yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar, dan api baru berhasil dikuasai pada pagi.

Dilansir Detik, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendatangi lokasi kebakaran Pasar Johar Semarang. Di dampingi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Ganjar blusukan sampai masuk ke dalam pasar yang masih terasa hawa panasnya.

Ganjar yang memakai kaos hitam dan topi hijau putih langsung berjalan cepat menuju lokasi kebakaran di Pasar Yaik yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar. Di Yaik, api masih membara di beberapa titik, alhasil asap pun mengepul dimana-mana membuat mata perih.

“Yang penting slamet orangnya, nanti saya bikinkan pasar sama Pak Hendy [panggilan Hendrar Prihadi],” kata Ganjar saat berbincang dengan pedagang yang beristirahat setelah mengevakuasi barang dagangan di Pasar Yaik, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya