SOLOPOS.COM - Pasar Ir. Soekarno (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo optimistis pelaksanaan lelang proyek untuk menyelesaikan pembangunan Pasar Ir. Soekarno bisa dilakukan pada Mei 2014. Pemerintah tengah menunggu hitungan final dari Pusat Studi Ilmu Teknik (PSIT) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang rencananya selesai sesuai jadwal pada akhir April 2014.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Agus Santosa, melalui pesan singkat yang diterima Espos, Rabu (23/4/2014), mengatakan PSIT UGM telah memberikan paparan hasil review desain dan rencana penyelesaian Pasar Ir. Soekarno hari itu. Sesuai paparan tersebut, kata dia, ada beberapa bagian pasar yang tidak digunakan sama sekali. Namun, Agus tidak memperinci item-item yang tidak digunakan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ada [bagian bangunan pasar] yang direkayasa strukturnya dan diubah lansekapnya,” tulis Sekda.

Menurutnya, materi review desain yang dilakukan PSIT UGM meliputi bidang arsitektur, struktur, lansekap dan mechanical electrical. Ia mengatakan, seusai pemaparan, PSIT UGM akan memperbaiki beberapa bagian pada rencana anggaran. “Terdapat beberapa koreksi yang diberikan saat pemaparan tersebut,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sukoharjo, A.A. Bambang Haryanto, ketika ditemui wartawan di kantornya, Kamis (24/4/2014), mengatakan optimistis revisi yang dilakukan PSIT UGM selesai akhir April 2014. Dengan demikian, kata dia, hal itu sudah sesuai dengan perencanaan yang dilakukan Pemkab Sukoharjo untuk menyelesaikan pembangunan Pasar Ir. Soekarno.
“Kami merencanakan hitungan PSIT UGM selesai akhir April 2014,” terang dia.

Hasil pertemuan pada Rabu adalah memperbaiki rencana anggaran. PSIT UGM sedang mendata beberapa item yang diubah. Selanjutnya, kata dia, PSIT UGM akan menyempurnakan rencana anggaran itu.

“Masih ada waktu. Awal Mei 2014, lelang bisa dilakukan. Dokumen tender dan rencana anggaran kami harap sudah siap,” terangnya.

Terakhir, ia menjelaskan besarnya kekurangan pembangunan fisik Pasar Ir. Soekarno baru bisa diketahui setelah PSIT UGM mengeluarkan hitungan final.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kota Sukoharjo (HPPKS), Fajar Purwanto, berharap semua lancar dan bekerja secara profesional. Ia meminta Pemkab Sukoharjo dapat menyelesaikan pembangunan pasar pada 2014.

“Mudah-mudahan tidak molor lagi [penyelesaian pasar]. Tapi, masalah rencana gugatan perdata tetap akan kami layangkan,” ujarnya melalui SMS kepada solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya