SOLOPOS.COM - Ikan (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ikan (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Pasar ikan menggelar Bazar Ikan Segar Murah di Pasar Ikan dan Resto Balekambang, Jumat-Minggu (21-23/6) mulai pukul 07.00 WIB – 10.00 WIB. Pengunjung disuguhkan harga menarik mulai dari Rp10.000 per kilogram (kg).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Pengelola Pasar Ikan dan Resto Balekambang, Setiawati Noor Arifah, mengatakan acara tersebut bertujuan meningkatkan minat dan kegemaran warga Solo untuk mengonsumsi ikan.

“Ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan gemar ikan bagi warga Solo. Kami menawarkan harga yang sangat murah mulai dari Rp10.000 per kg, tiap kg isinya bisa empat sampai lima ikan,” jelasnya kepada Solopos.com, Kamis (20/6/2013).

Setiawati mengatakan pihaknya bekerja sama dengan beberapa pantai di laut utara Jawa untuk mendapat suplai ikan sebanyak 500 kg untuk acara tersebut. Ikan yang ditawarkan beragam, mulai dari nila, tuna, udang, cumi, dan sebagainya tergantung dari suplaior. Selain harga ikan yang murah, pengunjung bisa memesan paket hemat yang berisi ikan bakar atau goreng, nasi putih dan es teh hanya dengan membayar Rp10.000.  Mereka bisa menikmati sajian tersebut di area Resto Balekambang.

Lebih lanjut, Setiawati mengungkapkan bakal menggelar acara yang sama setiap akhir pekan pada Sabtu dan Minggu. Dia berharap kegiatan awal itu bisa menjadi pemicu warga Solo dalam meningkatkan konsumsi ikan.l Pasalnya, selama ini lidah orang Solo belum terbiasa dengan masakan ikan laut maupun tawar.

“Memang harus ada kerja sama yang baik antara Pemkot, swasta dan warga Solo agar target bisa tercapai.”

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kota Solo, Weni Ekayanti, mengatakan tingkat konsumsi ikan di Solo relatif rendah yakni 3,8 kg per kapita per tahun, artinya seorang warga hanya mengonsumsi 3,8 kg ikan per tahun. Angka tersebut jauh di bawah target Kementerian Kelautan dan Perikanan yakni 31, 64 per kapita per tahun.

“Untuk itu Pemkot Solo berusaha menggalakkan program gemar makan ikan bagi warga Solo karena berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan,” ucapnya saat dihubungi Solopos.com, kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya