Pasar Hewan Klaten Ditutup Sementara, Bakul Sapi Sambat Gak Bisa Jualan

Penutupan pasar hewan di Klaten selama 14 hari itu untuk mencegah persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

 Suasana Pasar Sapi Jatinom sepi menyusul ada penutupan seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (25/5/2022). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Sapi Jatinom sepi menyusul ada penutupan seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (25/5/2022). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sejumlah pedagang sapi mengeluhkan penutupan pasar hewan di Kabupaten Klaten selama dua pekan mulai Rabu (25/5/2022) hingga Selasa (7/6/2022). Penutupan selama 14 hari itu untuk mencegah persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, para pedagang dan blantik sapi di Pasar Hewan Jatinom hanya bisa duduk-duduk di depan pintu masuk Pasar Sapi Jatinom, Rabu . Palang pintu pasar tertutup rapat meski bersamaan dengan hari pasaran Pasar Sapi Jatinom yang jatuh saban hari Legi pada penanggalan Jawa. Di pintu masuk pasar tertulis “Pasar Sapi Jatinom Ditutup 25 Mei-7 Juni 2022 Harap Maklum” dengan tertanda Pemerintah Desa Bonyokan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Satu pikap penuh muatan kambing sempat melintas di depan pasar. Lantaran tutup, pengemudi lantas meninggalkan pasar. Sementara itu, petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), kecamatan, TNI, dan Polri berjaga di depan pasar.

Salah satu pedagang ternak asal Desa Kemiri, Kecamatan Tulung, Klaten, Nyoto Noto Miharjo, 70, mengatakan kabar terkait penutupan pasar hewan mendadak. Dia baru mengetahui kabar penutupan pasar hewan termasuk Pasar Sapi Jatinom pada Selasa (24/5/2022) sore. “Ngertine nggih dadakan lewat HP,” kata dia saat ditemui di Pasar Sapi Jatinom, Rabu.

Nyoto sedianya menjual tiga ekor sapi. Lantaran seluruh pasar hewan ditutup, Nyoto urung membawa ternaknya ke Pasar Sapi Jatinom. “Pedagang ya merugi [karena pasar hewan ditutup sementara]. Kalau seharusnya bisa menjual tetapi tidak bisa. Seumpama punya tanggungan utang dengan petani ya akhirnya digrenengi petani,” kata Nyoto.

Baca juga: Seluruh Pasar Hewan di Klaten Ditutup Selama 2 Pekan, Ada Apa?

Nyoto biasa jualan ternak di Pasar Sapi Jatinom yang buka saban pasaran Legi. Nyoto dan pedagang sekaligus peternak lainnya berharap pada pasaran Legi berikutnya Pasar Sapi Jatinom bisa dibuka lagi.

Penutupan sementara pasar hewan di Klaten selama 14 hari pada Rabu (25/5/2022) hingga Selasa (7/6/2022) berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Klaten, Sri Mulyani, tentang penutupan sementara pasar hewan se-Kabupaten Klaten. Penutupan sementara operasi jual-beli atau transaksi ternak (kambing dan sapi) di lokasi pasar hewan selama 14 hari untuk mencegah penularan PMK.

Di Klaten ada tujuh pasar hewan yakni Pasar Hewan Prambanan, Jatinom, Wedi, Cawas, Pedan, Bayat, dan Plembon. “Harapannya hingga 7 Juni nanti persebaran PMK benar-benar bisa ditekan dan nanti menjelang Iduladha, masyarakat lebih nyaman untuk penyembelihan hewan kurban,” kata Kabid Peternakan DKPP Klaten, Triyanto.

Baca juga: 2 Remaja Putri Wonosari Klaten Hilang Bersamaan Sepekan Terakhir

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Cuaca Sragen Hari Ini Diperkirakan Berawan, Cocok Untuk Jalan-Jalan

Cuaca di Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dengan suhu udara yang tak terlalu panas. Simak ulasan lengkap prakiraan cuaca Sragen pada artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini Cukup Bersahabat

Cuaca Karanganyar hari ini diprediksi akan berawan hampir sepanjang hari, kecuali di sore hari yang berpotensi turun hujan ringan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Sabtu 25 Juni 2022 Ini: Siang Mulai Hujan

Informasi tentang prakiraan cuaca Boyolali pada hari Sabtu (25/6/2022) tersaji dalam artikel berikut ini.

Aman Lur, Prakiraan Cuaca Solo Sabtu Malam Ini Solo Tidak Hujan

Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG pada Sabtu (25/6/2022) ini lebih banyak berawan dan hanya diwarnai hujan ringan sore hari.

Mau Malam Mingguan? Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Sabtu 25 Juni 2022

Ulasan tentang prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo, Jumat (25/6/2022) hari ini, tersaji lengkap dalam artikel berikut.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Lebat Sore

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Ini Dia Calhaj Termuda Embarkasi Solo, Usianya 18 Tahun Asal Banyumas

Calhaj termuda Embarkasi Solo saat ini tercatat atas nama Muhammad Ishak Al Kasari, asal Banyumas, yang berusia 18 tahun.

Suporter PSIS dan PSS Melintas di Kartasura, Polisi: Jaga Kondusivitas!

Polisi menerjunkan ratsuan personel untuk pengamanan rute dan pengawalan suporter yang melintasi wilayah Kartasura.

Atlet Paralayang Jateng Latihan di Puncak Joglo Wonogiri, Ini Jadwalnya

Puluhan atlet paralayang Jawa Tengah (Jateng) berlatih di Puncak Joglo Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri selama tiga hari, Jumat-Minggu (24-26/6/2022).

Jemaah Selawat Bulan Bung Karno Membeludak Sampai Luar Vastenburg Solo

Jemaah tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDIP Solo menghadirkan Habib Syech membeludak sampai di luar Benteng Vastenburg.

Warga Karangturi Klaten Pilih Bangun Rumah Tahan Gempa, Alasannya?

Membangun rumah dengan konstruksi tahan terhadap guncangan gempa menjadi keniscayaan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan gempa bumi. Hal itu, seperti yang dilakukan warga Desa Karangturi, Kecamatan Gantiwarno.

Ganjar-Rudy Absen Selawatan Bulan Bung Karno Bareng Habib Syech Di Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo tidak tampak menghadiri acara tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo.

Hii! Ular Sanca Ini di Atap Kamar Mandi Milik Warga Wuryorejo Wonogiri

Seekor ular Sanca Kembang ditemukan di atap kamar mandi milik warga di Lingkungan Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6/2022) malam.

Cicipi Beras Kencur di Kafe Jamu Nguter, Delegasi G20: Rasanya Segar

Didampingi Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, delegasi negara anggota G20 tiba di Pasar Jamu Nguter, sekitar pukul 16.30 WIB.