SOLOPOS.COM - Petugas mengecek suhu kondisi sapi yang ditemukan mulut berbusa di Pasar Hewan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar pada Rabu (18/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembukaan pasar hewan di Kabupaten Karanganyar tak juga jelas kapan. Hingga kini Pemkab Karanganyar belum berencana membuka kembali pasar hewan yang ditutup sejak Juni 2022 lalu.

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku pada sapi menjadi alasan di balik penutupan pasar hewan tersebut. Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar, Martadi, masih akan berkoordinasi dengan dinas Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertan PP) sebelum memutuskan membuka kembali pasar hewan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, ia juga lampu hijau dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono. “Sejauh ini belum ada instruksi untuk dibuka. Sementara masih ditutup,” kata Martadi kepada Solopos.com, Selasa (9/8/2022).

Martadi mengatakan koordinasi dengan dinas terkait diperlukan sebelum membuka pasar hewan. Hal ini menyangkut bagaimana potensi kasus PMK saat ini dan dampak jika pasar hewan dibuka.

Baca Juga: Sudah 9 Sapi Kena PMK, Pemkab Karanganyar Belum Mau Tutup Pasar Hewan

Di singgung terkait temuan PMK ke hewan ternak babi, Martadi mengatakan jual beli babi tidak pernah dilakukan di pasar hewan Karanganyar. Transaksi jual beli babi langsung dilakukan dari peternak ke pembeli.

“Untuk kasus temuan PMK ternak babi ini kami belum tahu pastinya,” katanya.

Seperti diketahui di Karanganyar ada lima pasar hewan yakni Pasar Hewan Karangpandan, Pasar Hewan Gondangrejo, Pasar Hewan Jatipuro, dan Pasar Hewan Karanganyar.

Kabupaten Karanganyar sendiri termasuk daerah yang “telat” menutup pasar hewan dibandingkan daerah lain di Soloraya. Pemkab Karanganyar baru menutup pasar hewan pada 16 Juni 2022. Sementara daerah lain seperti Sragen telah menutup pasar hewan mereka sejak 31 Mei 2022, Boyolali sejak 27 Mei 2022.

Baca Juga: Telanjur Banyak Kasus PMK, Pemkab Karanganyar Baru Tutup Pasar Hewan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya