Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

 Suasana pasar hewan di Cepogo, Boyolali, menjelang penutupan selama dua pekan, Kamis (26/5/2022). Seluruh pasar hewan di Boyolali ditutup selama dua pekan mulai 27 Mei 2022-10 Juni 2022. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Suasana pasar hewan di Cepogo, Boyolali, menjelang penutupan selama dua pekan, Kamis (26/5/2022). Seluruh pasar hewan di Boyolali ditutup selama dua pekan mulai 27 Mei 2022-10 Juni 2022. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALIPasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya saat H-1 penutupan sementara, Kamis (26/5/2022). Di hari pasaran Paing, pasar hewan tersebut biasanya disinggahi lebih dari 800 hewan ternak.

Kepala UPT Pasar Hewan Sunggingan, Sapto Hadi Darmono, mengatakan data hingga, Kamis (26/5/2022) pukul 09.00 WIB, hanya ada sekitar 250 hewan yang telah masuk ke pasar.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Perkiraan saya banyak, ternyata sangat berkurang. Perkiraan nanti, ya sekitar 600 hewan ternak sampai selesai. Turun sekitar 200 ekor dari hari pasaran biasanya,” kata Sapto kepada wartawan, Kamis.

Sapto memperkirakan sepinya pasar hewan karena para peternak sudah memperoleh informasi terkait penutupan pasar hewan di waktu sebelumnya.

Ia telah menginformasikan kepada paguyuban pedagang terkait penutupan seluruh pasar hewan di Boyolali selama dua pekan, Jumat (27/5/2022)–Jumat (10/6/2022). Merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai telah berdampak pada aktivitas jual-beli hewan ternak di pasar hewan.

“Potensi pembelian dan penjualan menurun. Soalnya petani masih ada yang takut. Padahal kami sudah sosialisasi ke petani, masyarakat, dan pelaku pasar sebenarnya PMK ini tidak berbahaya untuk manusia dan dagingnya bisa dikonsumsi selama pengelolaannya sesuai dengan ketentuan,” kata dia.

Baca Juga: Seluruh Pasar Hewan di Boyolali Bakal Ditutup Sementara, Ada Apa?

Senada dengan Sapto, pedagang sapi asal Kiringan, Boyolali, Dwi Wahyudi. Dia menilai pasar sapi memang lebih sepi dibanding hari pasaran biasanya. Lelaki 50 tahun ini menilai pasar hewan sepi karena masih ada pedagang yang takut bertransaksi sapi karena PMK.

“Tempat berdagang saya biasanya penuh sekali kalau pas Paing seperti ini. Tapi hari ini sepi,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

+ PLUS Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Berita Terkini

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Waspada! Boyolali Ditetapkan jadi Daerah Wabah PMK

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (foot and mouth disease).

PPDB SMA/SMK Jateng Belum Diumumkan, Begini Cara Cek Hasil Sementara

Hasil seleksi PPDB SMA/SMK negeri di Jateng tahun ajaran 2022/2023 akan diumumkan pada Senin (4/7/2022) paling lambat pukul 23.55 WIB.

Selamat! SSB New Tugu Muda Semarang Jawara Kapolres Sukoharjo Cup 3

Sekolah Sepak Bola (SSB) New Tugu Muda Semarang  menyabet Juara 1 dalam turnamen sepak bola Kapolres Sukoharjo Cup 3, yang digelar di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Misinformasi, Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tak Setuju BST

Disebut tak izinkan Batik Solo Trans (BST) masuk karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menduga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerima informasi yang salah.

Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tolak BST, Pemkab Langsung Ngetwit Ini

Cuitan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang menyebut Bupati Karanganyar tak menyetujui BST ditanggapi Pemkab Karanganyar.

Akun Calon Siswa SMAN 1 Gondang Sragen Dibajak, Kok Bisa?

Akun milik calon siswa di SMAN 1 Gondang Sragen dibajak orang tak bertanggung jawab dan akibatnya terlempar dari zonasi SMAN 1 Gondang.

Hingga Mei, Penyaluran Elpiji 3kg di Sukoharjo Capai 41,07 Persen

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo bersama PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan elpiji 3 kg hingga akhir tahun.

Dulu Bus Legend Sukoharjo Andalan Anak Sekolah, Kini Mengenaskan

Bus perintis yang legend di Sukoharjo pernah eksis sebagai andalan anak sekolah zaman dulu.

HUT Bhayangkara ke-76, Polisi Wonogiri Peragakan Simulasi Penggerebekan

Simulasi penggerebekan itu bermula saat dua penjahat menjambret dan saling tembak-menembak dengan aparat polisi.

Ini Yang Disiapkan Mas Wali Untuk G20 Lebih Meriah 

Keraton Surakarta Hadiningrat sudah menyiapkan makanan khas untuk welcoming dinner, Selasa (5/7/2022). Pemkot Solo menyediakan makanan khas di Pendapi Gede, Balai Kota Solo, Kamis (7/7/2022).