SOLOPOS.COM - Pasar Gede Solo. (JIBI/Solopos.com)

Pasar Gede Solo tengah dalam penataan. Tahun depan area depan pasar Gede bebas parkir.

Solopos.com, SOLO — Kawasan bebas parkir kendaraan bakal diterapkan di Jl. Urip Sumoharjo Solo, tepatnya di kawasan depan Pasar Gede pada 2016 mendatang. Langkah tersebut sebagai upaya mengurai kemacetan lalu lintas.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala UPTD Perparkiran M. Usman ketika dijumpai wartawan di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Kamis (3/9/2015), mengatakan penghapusan parkir dilakukan seiring dengan program penataan Pasar Gede yang kini tengah berjalan.

Pemkot tahun ini menerima dana bantuan Provinsi Jawa Tengah Rp5 miliar untuk perbaikan drainase dan pedestrian. “Jl. Urip Sumoharjo depan Pasar Gede nanti harus bebas parkir mulai 2016,” kata dia.

Usman mengatakan sebagai gantinya, parkir pengunjung pasar berstatus Benda Cagar Budaya (BCB) itu dialihkan ke Jl. Mayor Kusmanto, tepatnya eks Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Lojiwetan.

Lahan parkir tersebut diperkirakan bisa menampung 150 unit mobil. Usman mengatakan taman parkir di eks SPBU Lojiwetan juga bisa digunakan bagi parkir kendaraan di Jl. R.E. Martadinata atau selatan Pasar Gede.

“Kita sudah sosiaslisasikan pemanfaatan ruang parkir Jl. Mayor Kusmanto dengan pemasangan spanduk. Kami juga pasang 8 RPPJ di Tugu jam, Tugu Pemandengan, perempatan Jl. Jenderal Sudirmal, dan satu di Loji Wetan,” kata dia.

Dijelaskan Usman, taman parkir Jl. Mayor Kusmanto nantinya masuk zona D, yakni mobil Rp2.000 dan motor Rp1.500. .

Salah satu pengunjung Pasar Gede, Fitria mengaku keberatan ihwal rencara pengalihan parkir Pasar Gede ke taman parkir di eks SPBU Lojiwetan. Menurutnya, jarak lokasi parkir dengan pasar terlalu jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya