SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO – Pasar Gede Solo berhasil meraih juara I Lomba Penataan Pasar Tradisional tingkat Provinsi Jateng tahun 2011. Penyerahan penghargaan akan dilakukan oleh Gubernur Jateng, Bibit Waluyo di Pasar Cokrokembang, Klaten, Jumat (20/1/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo mengatakan rencananya Walikota sendiri yang akan menerima penyerahan penghargaan yang akan dilakukan oleh Gubernur bersama Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. Menurut Subagiyo, penilaian lomba itu dilakukan pada Oktober 2011 lalu, namun pengumuman pemenangnya baru diumumkan beberapa hari lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Penilaiannya meliputi beberapa kriteria di antaranya kebersihan, penataan pedagangnya dan sebagainya,” kata Subagiyo, saat dihubungi Espos, Rabu (18/1/2012).

Sementara itu, Pejabat Humas Komunitas Pedagang Pasar Gede (Komppag), Wiharto mengatakan Pasar Gede memang memiliki potensi sebagai pasar tradisional dengan penataan terbaik. Terutama karena adanya dukungan arsitektural, pola penataan ruang yang disesuaikan dengan karakteristik pedagang, kebersihan, aksesibilitas dan sebagainya.

“Kami sudah tidak kaget ketika diumumkan bahwa Pasar Gede juara lomba penataan pasar, karena memang pasar ini layak jadi acuan pola dasar penataan pasar tradisional. Hanya saja kami berharap adanya konsistensi terhadap penataan ruang, pengendalian jumlah pedagang, dan sejumlah pembenahan lain agar tetap bisa jadi pasar tradisional terbaik,” jelas Wiharto.

JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya