SOLOPOS.COM - Pedagang sound system mobil bekas di Pasar Elpabes, Tinton Bagaswara (kiri), membersihkan barang dagangannya di kiosnya bersama kakaknya (kanan), Rabu (26/10/2016). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Pasar Elpabes Solo sepi pembeli sehingga pedagang ingin pasar itu dipromosikan.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pedagang sound system mobil bekas di Pasar Elpabes Solo mengeluhkan penjualan mereka yang menurun drastis sejak direlokasi tiga tahun yang lalu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Salah satu pedagang sound system mobil bekas di pasar tersebut, Tinton Bagaswara, mengatakan pendapatannya turun drastis sekitar 200% sejak mereka menempati kios yang baru.

“Dahulu sewaktu masih menempati pasar yang lama, saya bisa mendapatkan laba bersih sekitar Rp200.000 per hari. Namun sejak menempati kios yang baru, dapat keuntungan bersih Rp50.000 per hari saja saya sudah bersyukur,” ungkap dia di kiosnya, Rabu (26/10/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia juga mengeluhkan kondisi basement pasar yang gelap. Padahal basement tersebut seyogyanya bisa dipergunakan sebagai tempat untuk memasang sound system ke mobil pelanggan.

“Sampai saat ini, kami menggunakan parkiran di sekitar pasar sebagai tempat untuk memasang sound system ke mobil pelanggan. Akan tetapi saat musim hujan, kami terpaksa menggunakan basement untuk memasang sound system tersebut berbekal lampu milik kami pribadi,” imbuhnya.

Sementara itu, pedagang sound system mobil bekas lain yang berada di lantai III Pasar Elpabes, Joko Purwadi, mengemukakan hal serupa. Dia mengungkapkan penjualan barang dagangannya turun sebanyak 60%.

Selain itu, Joko menambahkan, hanya ada tiga kios yang dimanfaatkan untuk berjualan di lantai III. Sebagian lainnya dipergunakan sebagai gudang penyimpanan barang milik pedagang yang memiliki kios di lantai II.

Joko berharap paguyuban pedagang dan pengelola pasar bisa bersinergi membikin acara untuk mempromosikan keberadaan pasar.

“Sebagai contoh Pasar Notoharjo di Semanggi. Sejak pasar tersebut diresmikan, ada saja acara di pasar tersebut. Acara-acara tersebut berhasil menarik atensi dari masyarakat, sehingga pasar menjadi dikenal dan penjualan menjadi meningkat. Setelah pasar tersebut dirasa cukup dikenal, acara-acara itu kemudian disetop dan pasar itu masih ramai pembeli sampai sekarang,” kata dia.

Terpisah, Lurah Pasar Elpabes, Andreas Widodo, mengucapkan dari 217 kios yang ada di pasar tersebut, hanya sekitar 25% kios yang digunakan oleh pedagang.

Widodo, sapaan akrabnya, menyambut baik apabila pedagang dan paguyuban pedagang menginisiasi adanya sebuah acara yang bertujuan untuk meramaikan pasar.

“Karena kami tidak bisa berjalan sendiri untuk melakukan promosi. Harus pedagang dan paguyuban pedagang sendiri yang menginisiasi. Selanjutnya, inisiasi tersebut kami sampaikan kepada atasan dan mari kita sama-sama meramaikan penjualan di pasar ini,” tutur dia.

Terkait dengan gelapnya basement pasar, dia mengatakan pihak pengelola pasar proaktif untuk merawat sarana dan prasarana yang ada. “Kalau ada lampu yang mati, kami selalu sigap untuk mengganti,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya