Tutup Iklan

Pasar Darurat Legi Solo Akan Dipasangi CCTV

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan memasang kamera closed circuit televesion (CCTV) di beberapa lokasi kios darurat Pasar Legi. Hal itu sebagai upaya Pemkot memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang yang menempati pasar darurat.

Pasar Darurat Legi Solo Akan Dipasangi CCTV

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menyapa pedagang Pasar Legi di los pasar darurat, Rabu (14/11/2018) siang. (Solopos-Irawan Sapto Adhi)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan memasang kamera closed circuit television (CCTV) di beberapa lokasi kios darurat Pasar Legi.

Hal itu sebagai upaya Pemkot memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang yang menempati pasar darurat. Anggaran Rp50 juta dari coorporate social responsbility (CSR) Bank Central Asia (BCA) akan digunakan untuk keperluan itu.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo, saat ditemui Solopos.com di Balai Kota, Senin (28/1/2019), mengatakan dana CSR dari BCA itu digunakan sebaik mungkin untuk melengkapi sarana prasarana pasar darurat.

Salah satu lokasi yang akan diprioritaskan untuk pemasangan kamera CCTV yakni di Jl. Sabang. Selain lokasi yang cukup jauh dengan Pasar Legi, lokasi itu paling berpotensi terjadi pencurian.

Jl. Sabang memiliki ruas jalan yang panjang sehingga diprioritaskan. “Seluruh lokasi pasar darurat Pasar Legi akan dipasangi CCTV, ditambah personel keamanan berjaga dalam 24 jam yang saat ini dibantu personel tambahan dari Paguyuban Pedagang Pasar Legi,” ujarnya.

Ia menambahkan tetap memprioritaskan keamanan barang milik pedagang terlebih saat malam hari. Ini seperti yang dilakukan di Pasar Klewer yang di berbagai lokasi terdapat personel keamanan.

Selain itu ada penambahan fasilitas berupa toilet dan kelistrikan untuk menyempurnakan los pasar darurat. Desain baru Pasar Legi direncanakan dibangun dua lantai dengan perincian basement, lantai dasar, dan lantai satu.

Bangunan baru diprakirakan tidak akan jauh berbeda dibanding bentuk Pasar Legi sebelumnya. Hanya ada tambahan basement sebagai lahan parkir dan bongkar muat dagangan.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan revitalisasi pasar induk Soloraya itu segera dilakukan. Pemkot Solo mendapat bantuan dana dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Ia menegaskan tahun ini Pemkot fokus pada penyelesaian Pasar Legi dan Pasar Klewer Timur yang belum tuntas.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.