SOLOPOS.COM - Suasana transaksi di kios darurat Pasar Klewer di pendapa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Jumat (29/5/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pasar darurat Klewer belum rampung dibangun. Pedagang Klewer pun memperpanjang sewa kios di Pagelaran Keraton Solo.

Solopos.com, SOLO — Seluruh kios di pendapa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta kembali dikontrak pedagang korban kebakaran Pasar Klewer. Kios yang totalnya 160 unit tersebut dikontrakkan kepada pedagang setiap 4 bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator pedagang Kliwer di pendapa Pagelaran, M. Sahil Al Hasni, mengatakan pedagang kembali mengontrak kios berukuran 2,4 meter (m) x 2,4 m tersebut untuk periode kedua, yakni 1 Juni sampai 30 September 2015.

“Pedagang sudah mengisi surat perjanjian kontrak untuk kembali menempati kios selama empat bulan kedepan. Hari ini [kemarin] semua surat perjanjian untuk 160 kios bahkan sudah terkumpul. Jadi semua kios dipastikan bakal kembali ditempati,” kata Hasni kepada di pendapa Pagelaran, Jumat (29/5/2015).

Hasni menyampaikan satu kios dikenakan tarif sewa senilai Rp2,3 juta per bulan. Menurut dia, pedagang bisa membayar sewa kios setiap bulan.

“Surat perjanjian ditujukan untuk memastikan pedagang tidak hilir mudik dalam waktu singkat dan membuat sistem penyewaan kios jadi kurang jelas. Meski mengontrak selama empat bulan, pedagang tetap bisa membayar kios setiap bulan pada tanggal 1 sampai tanggal 5,” jelas Hasni.

Berdasarkan perghitungan, pendapatan Keraton Kasunanan Surakarta dari hasil penyewaan kios bagi pedagang Klewer di pendapa Pagelaran mencapai Rp368 juta per bulan. Sedangkan pemasukan Keraton Kasunanan Surakarta selama empat bulan, sejak pendirian kios pada Februari hingga Mei tahun ini senilai Rp1,472 miliar.

Seorang pedagang Klewer di pedapa Pagelaran, Erin, 42, mengaku tetap mengontrak kios di pendapa Pagelaran karena belum mendapat tempat ganti untuk menjual dagangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya