SOLOPOS.COM - Pasar Besar Madiun (Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com)

Pasar Besar Madiun punya 102 kamera CCTV untuk merekam setiap tindakan di pasar terbesar di Kota Gadis itu.

Madiunpos.com, MADIUN — Pasar Besar Madiun dilengkapi 102 kamera closed circuit television (CCTV) yang terpasang di berbagai sudut ruangan. Ratusan kamera CCTV tersebut diklaim cukup untuk mampu mencegah aksi perampokan di pasar terbesar di Kota Madiun itu. Padahal, sebagaimana diakui pedagang, mereka justru lebih khawatir dengan bahaya kebakaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah kamera CCTV di Pasar Besar Madiun sudah memenuhi standar keamanan. Pemasangan kamera CCTV di sudut yang sesuai mampu mencegah tindak kriminalistas, seperti perampokan dan pencurian,” kata Koordinator Keamanan Pasar Besar Madiun, Catur, kepada Madiunpos.com, Selasa (29/9/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Disinggung kondisi ratusan kamera CCTV di Pasar Besar Madiun, Catur menyebut semuanya dalam kondisi berfungsi. Menurut dia, layar pemantauan kamera CCTV tidak berada di Pasar Besar Madiun melainkan di Kantor Dinas Pasar.

Catur menyampaikan terdapat petugas yang berjaga di depan layar pemantaun CCTV secara bergantian selama 24 jam. “Kami juga menggelar patroli rutin sebanyak tiga sif setiap hari. Satu sif terdiri dari enam personel keamanan. Kami yakin tidak akan terjadi perampokan barang dagangan di Pasar Besar Madiun. Kalau copet atau pencurian yang pernah menimpa pedagang, memang di luar kendali kami,” ujar Catur.

Tempat Parkir Terbanyak
Catur mengatakan kamera CCTV paling banyak terpasang di arena parkir Pasar Besar Madiun. Menurut dia, kerawanan tindak kriminalitas, seperti pencurian malah terjadi di area parkir yang mengancam keberadaan kendaraan milik pedagang atau pembeli. Selain tindak pencurian dan perampokan, kamera CCTV juga memantau kemungkinan terjadinya musibah kebakaran.

“Karena personel keamanan harus berpindah tempat untuk patroli, jadi kamera CCTV juga diperlukan untuk memantau kondisi Pasar Besar Madiun. Kamera CCTV mungkin merekam kemunculan api di Pasar Besar Madiun. Informasi temuan itu lantas disambungkan kepada petugas di tempat untuk bisa sedini mungkin melakukan pencegahan,” kata Catur.

Sementara itu, seorang pedagang Pasar Besar Madiun, Ismiati, mengatakan perampokan memang tidak pernah terjadi di Pasar Bssar Madiun. Hanya, lanjut dia, pedagang lebih waswas dengan ancaman becana kebakaran di Pasar Besar Madiun yang notabene pernah terjadi dua kali. Ismiati berharap mendapat bantuan berupa tabung APAR.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya