SOLOPOS.COM - Logo Ganesa, maskot Pilkada Kota Salatiga 2017. (kpu-salatiga.go.id)

Pasangan Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso unggul dalam quick count di Pilkada Batu.

Solopos.com, MALANG — Pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Batu Periode 2017-2022 Dewanti Rumpuku-Punjul Santoso unggul sementara versi hitung cepat Pusat Studi Kewilayahan Kependudukan dan Penanggulangan Bencana Universitas Muhammadiyah Malang (Puska2PB-UMM).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data hingga pukul 15.05 WIB, Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso memperoleh 43,72% atau 24.035 suara, Rudi-Sujono 21,93% (12.058 suara), Abdul Majid-Kasmuri Idris 17,49% (9.616 suara), Hairudin-Angga 16,86% (9.267 suara), dan suara tidak sah 4,37% (2.402 suara). Suara yang masuk 58.525 atau 39,09%.

Ketua Pelaksana Hitung Cepat, Yana Syafriyana Hijri, mengatakan sebanyak 300 relawan dikerahkan untuk memantau jalannya penghitungan suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan penyebaran relawan yang hampir merata, kata Yana, hitung cepat kali ini diusahakan dapat dilakukan sebaik mungkin.

“Margin eror hanya 5% saja. Masyarakat umum juga bisa terus memantau langsung perkembangan perolehan suara mulai jam 13.05 WIB melalui laman umm.ac.id atau pilkada-batu.umm.ac.id,” ujar Yana di Malang, Rabu (15/2/2017).

Terdapat 420 TPS yang tersebar di 3 Kecamatan di Kota Batu, yaitu Kecataman Batu, Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Junrejo. Dari jumlah itu, 300 TPS ditetapkan sebagai sampel yang dianggap bisa mewakili dari keseluruhan TPS yang ada yang berarti sama dengan 71,43 % dari keseluruhan TPS.

Berbeda dengan penyelenggaraan Quick Count sebelumnya, sistem pelaporan Quick Count Pilkada kali ini memanfaatkan perangkat lunak berbasis web (Web Base). Perangkat garapan Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) UMM ini membekali tiap relawan dengan aplikasi yang diunduhnya melalui ponsel pintar berbasis Android. Dengan demikian data perolehan relawan di masing-masing TPS selanjutnya dikirim langsung ke server.

“Hasil perhitungan suara melalui Quick Count mulai dapat dipantau sejak pukul 13.05 dan hasil final penghitungan suara bisa dilihat pukul 16.00 WIB. Semua hasil yang muncul bisa dikatakan mendekati hasil sebenarnya,” imbuh Yana.

Perangkat garapan Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) UMM ini setidaknya mengerahkan 10 tenaga ahli yang selama masa perhitungan siap siaga mengamati setiap data yang masuk ke server. “Data ini diperoleh dari relawan yang mengamati langsung di lapangan,” kata Kepala Lembaga Infokom Suyatno.

Sistem kerjanya, masing-masing relawan dibekali ID User untuk aplikasi yang diunduhnya lewat ponsel pintar berbasis Android. Relawan tidak harus menunggu selesai perhitungan. Setiap saat perolehan suara bisa diinputkan ke aplikasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya