Pasal Obstruction of Justice Digugat ke MK, karena Fredrich Yunadi?

Pasal Obstruction of Justice Digugat ke MK, karena Fredrich Yunadi?

SOLOPOS.COM - Tersangka kasus merintangi penyidikan perkara korupsi e-KTP Fredrich Yunadi tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (22/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pasal obstruction of justice digugat ke MK pada saat yang bersamaan menjelang peradilan kasus Fredrich Yunadi.

Solopos.com, JAKARTA -- Penggugat norma obstruction of justice perkara korupsi membantah memohonkan pengujian Pasal 21 UU Tipikor ke Mahkamah Konstitusi (MK) semata-mata karena kasus yang menimpa pengacara senior Fredrich Yunadi.

“Dari dulu obstruction of justice yang menimpa advokat sudah terjadi. Cuma kebetulan saja Pak Fredrich sedang tenar di televisi dan dia mendapat imbas dari bela klien,” kata Khaeruddin, pemohon uji materi Pasal 21 UU Tipikor di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Khaeruddin menilai advokat seharusnya disamakan dengan penegak hukum lain seperti polisi, jaksa, dan hakim. Karena itu, tindakan mereka untuk membela klien tidak semestinya dianggap upaya merintangi penanganan kasus perkara korupsi.

“Bedanya, kalau polisi, jaksa, dan hakim itu dibiayai negara, sedangkan kami tidak dibiayai negara. Padahal secara status sama-sama penegak hukum,” katanya.

Permohonan Khaeruddin di MK teregistrasi No. 7/PUU-XVI/2018, sedangkan satu gugatan senada terdaftar dalam No. 8/PUU-XVI/2018. Kedua pemohon sama-sama meminta agar obstruction of justice perkara korupsi yang diduga dilakukan advokat terlebih dahulu mendapatkan lampu hijau dari dewan kehormatan profesi advokat.

Obstruction of justice sebagaimana termaktub dalam Pasal 21 UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) adalah tindakan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan persidangan kasus tindak pidana korupsi.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan Fredrich Yunadi karena diduga menghalang-halangi penyidikan lembaga antirasuah itu terhadap bekas kliennya, Setya Novanto.

Khaeruddin menilai definisi merintangi proses penanganan perkara di Pasal 21 UU Tipikor tidak jelas. Bukan mustahil, kata dia, upaya advokat membela kliennya secara hukum bisa dianggap memenuhi delik obstruction of justice.

“Contohnya terkait penyitaan. Penyidik kan punya hak menyita, tetapi advokat sesuai KUHAP boleh menjaga dokumen atau kerahasiaan klien. Artinya sebagai pembela kami berusaha menyeimbangkan proses hukum agar ada yang mengawasi penyidik,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

Ini Kriteria Botol Air Minum Kemasan yang Aman dan Sehat

Sebagai pembeli kita harus jeli memperhatikan kualitas botol air minum kemasan.