SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, ISTANBUL — Presiden petahana Turki yang didukung Partai AK Recep Tayyip Erdogan akan meminta dewan pemilihan Turki untuk menghitung ulang semua suara yang diberikan dalam pemilihan lokal di Istanbul.

Dikutip Bisnis/JIBI dari Reuters, Minggu (7/4/2019), informasi itu diungkapkan seorang pejabat senior partai mengatakan pada hari Minggu. Hasil awal dari pemilihan 31 Maret memberikan kemenangan tipis kepada kandidat wali kota Partai Republik (CHP) oposisi di Istanbul. AKP telah mengajukan banding atas hasilnya, yang mengarah ke penghitungan ulang sebagian di beberapa kabupaten dan penghitungan ulang penuh di wilayah lain.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“Kami memilih jalur untuk menghilangkan kesalahan numerik. Tapi itu belum berakhir,” Wakil Ketua Partai AK Ail Ihsan Yavuz mengatakan kepada wartawan dalam komentar televisi.

Partai itu telah meminta penghitungan ulang penuh di Beyoglu Distrik Istanbul, salah satu dari 39 distrik pemilihan di kota terbesar Turki, katanya, dan akan meminta Dewan Pemilihan Tinggi (YSK) untuk melakukan hal yang sama di yang lain.

“Kami akan mengajukan permohonan ke YSK untuk penghitungan ulang semua suara di 38 [lainnya] distrik,” kata Yavuz.

AKP dan Erdogan dirugikan oleh ekonomi yang melambat, terhuyung-huyung karena kehilangan Istanbul, pusat komersial Turki, dan ibu kota Ankara, dalam pemilihan lokal.

AKP telah berkuasa secara nasional sejak 2002, tetapi AKP dan para pendahulunya yang Islamis telah mendominasi dua kota terbesar Turki selama seperempat abad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya