SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Diperluas DPD PDIP Jawa Tengah di Hotel Patra, Semarang, Senin (8/2/2016). (Insetyonoto/JIBI/Semarangpos)

Partai politik, PDI Perjuangan belum berani sesumbar dalam menghadapi Pilkada Jateng 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng) belum berani sesumbar menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pilkada 2017 nanti akan digelar di tujuh kabupaten/kota di Jateng. Dari tujuh daerah itu, Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristyanto, saat membuka Rakerda DPD PDIP Jateng di Hotel Patra, Semarang, 8 Februari lalu, menargetkan lima daerah di antaranya mampu dimenangi wakil dari partai berlambang banteng.

Meski demikian, pernyataan Hasto ini dibantah Ketua DPP PDIP Jateng, Bambang Wuryanto. Bambang mengaku belum berani sesumbar mewujudkan target itu karena masih banyak faktor penentu yang harus dipelajari.

“Sampai sekarang kami belum berani memastikan daerah mana saja yang bakal menang pada Pilkada 2017,” ujar Bambang kepada Semarangpos.com, Minggu (14/2/2016).

Pada Pilkada serentak 9 Desember 2015, PDIP mendominasi kemenangan di Jateng dengan memenangi 13 daerah dari 21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada.

Bambang Wuryanto lebih lanjut menyatakan pada pilkada 2017 pihaknya akan berbuat sebaik-baiknya untuk mencapai target yang telah ditetapkan DPP tersebut.

“Sebenarnya pada rapat kerja nasional [Rekernas] PDIP bulan Januari lalui di Jakarta target Jateng untuk pilkada 2017 menang empat, tapi sekarang naik jadi lima,” imbuh Bambang.

Bambang mengaku untuk memenangi pilkada ada beberapa faktor, antara lain kualitas pasangan calon kepala daerah yang akan diusung, soliditas internal partai, koordinasi dengan partai politik (parpol) koalisi, serta dukungan logistik atau pendanaan.

“Semua faktor itu harus diperhitungkan dengan cermat untuk meraih kemenangan pada pilkada,” beber Bambang.

Seperti diketahui ada tujuh kabupaten/kota di Jateng yang akan melaksanakan pilkada serentak 2017 yakni Kabupaten Pati, Jepara, Cilacap, Brebes, Batang, Banjarnegara, dan Kota Salatiga.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2017 mulai dilakukan pada Maret 2016. “Karena pilkada serentak 2017 dilaksana pada Februari, maka persiapan dimulai Maret mendatang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya