SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani (tengah) saat menyampaikan dukungan untuk pasangan Anies-Cak Imin dalam Pilpres 2024 mendatang, di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023). (Youtube KompasTV)

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu partai yang tidak lolos Pemilu 2024, Partai Masyumi, melabuhkan menyatakan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar untuk Pilpres 2024.

Dukungan itu disampaikan setelah pengurus DPP Partai Masyumi bertemu pengurus DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani mengatakan kedatangannya ke Nasdem Tower untuk memberikan dukungan kepada pasangan Anies-Cak Imin.

Selain itu, kata dia, kedatangan itu juga dalam rangka silaturahmi.

“Kami Partai Masyumi telah memutuskan di dalam rapat mekanisme di Partai Masyumi yaitu memberikan dukungan untuk Anies Baswedan, karena kami tidak bisa berdasarkan aturan perundang-undangan untuk ikut mencalonkan, karena mencalonkan partai-partai yang punya kursi di parlemen. Oleh karena itu kami memberikan dukungan penuh atas telah dideklarasikan yaitu pasangan AMIN, Anies dan Muhaimin,” ujar Ahmad Yani, seperti dikutip Solopos.com dari tayangan KompasTV, Selasa.

Yani menambahkan, pihaknya akan menggerakkan kader-kader Partai Masyumi di berbagai pelosok negeri untuk ikut mengawal dan memberikan dukungan kepada Anies-Cak Imin.

Dia meyakini pasangan Anies-Cak Imin dapat memenangi Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai Nasdem Effendy Choirie menyambut baik dukungan Partai Masyumi untuk pasangan Anies-Cak Imin.

Gus Choi, sapaan Effendy Choirie, menyebut Partai Masyumi mempunyai sejarah panjang sebagai partai yang didirikan sebelum Indonesia merdeka, yakni tahun 1943.

Karenanya, ia menyebut DPP Partai Masyumi sebagai tamu agung yang dimuliakan.

“Yang pimpinan Masyumi baru ini atau Masyumi reborn ini, itu kawan-kawan saya dan senior-senior saya. Yang disampaikan, yang tujuan intinya adalah mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, atau kawan-kawan menyingkatnya menjadi pasangan AMIN,” kata Gus Choi.

Sebagai informasi, Pemilu 2024 bakal dilangsungkan pada 14 Februari 2024.

Sebanyak 18 partai nasional dan enam partai lokal Aceh dipastikan menjadi peserta hajatan demokrasi 5 tahunan tersebut.

Partai Ummat menjadi partai yang terakhir kali dinyatakan lolos sebagai peserta setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan memenuhi syarat verifikasi faktual ulang partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Sementara itu ada 16 parpol yang gagal melaju ke Pemilu 2024 karena tak lolos seleksi administrasi.

Di antara 16 partai tersebut adalah Partai Masyumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya