SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Partai koalisi di DPRD Boyolali akan mendapat dua kursi pimpinan, sedangkan PDIP sebagai peraih kursi mayoritas justru hanya mendapat satu kursi pimpinan.

Sebagaimana diketahui, di DPRD Boyolali saat ini ada 45 kursi. Dengan jumlah kursi tersebut, kursi pimpinan diduduki empat orang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara berdasarkan berita acara rapat pleno KPU tentang Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Boyolali, kursi wakil rakyat ini akan diduduki PDIP dengan 35 kursi, Partai Golkar empat kursi, PKS dengan tiga kursi, PKB dua kursi, dan Partai Gerindra satu kursi.

Dengan komposisi perolehan kursi tersebut, PDIP selaku peraih kursi terbanyak akan mendapat jatah kursi ketua, disusul Partai Golkar mendapat jatah wakil ketua. Sedangkan partai lainnya yakni PKS, PKB, dan Gerindra harus bergabung menjadi satu fraksi untuk mendapat kursi wakil ketua.

Namun jika mereka bergabung, mereka akan mendapat dua kursi pimpinan yang tersisa. Ketua DPRD Boyolali S. Paryanto mengakui adanya keniscayaan tersebut. Menurutnya, hal ini belum pernah terjadi di mana pun dan belum diatur dalam undang-undang.

“Ini sejarah di Boyolali kalau nanti PDIP jadi satu fraksi, Partai Golkar jadi satu fraksi, maka PKS, PKB, dan Gerindra itu harus bergabung agar bisa jadi satu fraksi. Tetapi mereka bisa dapat dua kursi pimpinan. Ini belum pernah terjadi, satu fraksi gabungan tapi punya pimpinan,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung Dewan, Selasa (7/5/2019).

Ini dinilai bisa menimbulkan kecemburuan, di mana PDIP selaku peraih kursi terbanyak hanya mendapat satu jatah kursi pimpinan, tetapi partai koalisi yang jumlahnya masih lebih sedikit malah punya dua kursi pimpinan.

Karenanya, DPRD Boyolali akan mencari informasi lebih lanjut mengenai aturan tersebut. “Nanti akan kami konsultasikan ke Kemendagri dan kita lihat bagaimana aturannya,” imbuh Paryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya