SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, mengonfirmasi adanya surat permintaan penggantian Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI, Taufiqurrahman, dari DPD Partai Golkar Solo.

Surat yang ditandatangani Ketua DPD Partai Golkar Solo Kusrahardjo dan Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Solo Joko Karyanto itu diterima DPRD Solo pada Juni 2022. Hal itu disampaikan Budi saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/6/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“[Surat] Sudah masuk. Awalnya kami hanya dapat tembusan [surat untuk Fraksi Partai Golkar-PSI], tapi setelah itu DPD [Partai Golkar] mengirim surat tersendiri untuk pimpinan DPRD Solo. Suratnya masuk bulan ini, tapi saya tidak hafal tanggalnya,” tuturnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait surat permintaan penggantian Ketua Fraksi Golkar-PSI itu, Budi mengatakan segera memanggil unsur fraksi di DPRD Solo itu. Pemanggilan tersebut untuk proses klarifikasi terkait isi surat dari DPD Partai Golkar Solo ihwal pergantian struktur.

“Nanti kami sesuaikan dengan agenda DPRD. Jadi Fraksi Partai Golkar-PSI kami panggil untuk klarifikasi. Karena kan fraksi itu bukan murni satu parpol, tapi gabungan Partai Golkar dan PSI. Jadi yang memilih pimpinan fraksi dari anggotanya,” terangnya.

Baca Juga: DPD Partai Golkar Solo Ungkap Alasan Ketua Fraksi di DPRD Diganti

Berembuk

Budi menjelaskan penentuan pimpinan fraksi dilakukan dengan berembuk di antara anggota fraksi tersebut. “Ya itu berembuk menentukan ketua. Jadi kan nanti mestinya dikomunikasikan dengan parpol lainnya, yang satu fraksi dengan Golkar,” imbuhnya.

Disinggung ihwal surat dari DPD Partai Golkar Solo, menurut Budi, ditandatangani Kusrahardjo (Ketua) dan Joko Karyanto (Wakil Sekretaris). Sedangkan Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, yang juga Ketua Fraksi tidak menandatangani surat tersebut.

Budi yang merupakan politikus PDIP menjelaskan sebelum ada surat dari DPD Partai Golkar Solo kepada pimpinan DPRD Solo, ada tembusan surat yang ditujukan ke Fraksi Partai Golkar-PSI. Tembusan surat itu diterima beberapa bulan lalu.

Baca Juga: Memanas! Posisi Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI di DPRD Solo Digoyang

“Kalau dulu memang DPD dengan fraksi untuk perintah mengganti struktur pimpinan Fraksi Golkar-PSI. Saya saat itu hanya tembusan,” urainya. Budi menjelaskan isi surat itu permintaan penggantian Taufiqurrahman dari posisi Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI di DPRD Solo.

Merujuk surat itu, Budi melanjutkan Taufiqurrahman akan diganti dengan Agus Nuryanto yang saat ini menjabat Sekretaris Fraksi Partai Golkar-PSI. Sedangkan posisi Sekretaris fraksi akan diisi Margono, sedangkan wakil ketua fraksi diisi anggota dari PSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya