Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Surabaya akan membuka pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada Surabaya 2020 untuk umum pada awal Desember 2019.

"Kami sudah membentuk tim penjaringan bakal cawali dan cawawali Surabaya. Tim penjaringan langsung diketuai oleh Ketua DPD Golkar Surabaya," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Surabaya, Arif Fathoni, di Surabaya, Selasa (19/11/2019) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, sesuai petunjuk pelaksana dari DPP bahwa dalam penjaringan bakal cawali dan cawawali lebih diutamakan kader sendiri, khususnya Ketua DPD di masing-masing daerah.

Hanya, lanjut dia dalam beberapa pertemuan atau rapat, Ketua DPD Partai Golkar Surabaya, Blegur Prijanggono, memberikan kesempatan kepada kader Golkar lainnya untuk maju.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya itu mengatakan kader Partai Golkar yang namanya sudah dikenal warga Surabaya dan dinilai potensial maju di Pilkada Surabaya di antaranya anggota DPR dari Fraksi Golkar, Adies Kadir dan Pengurus DPD Partai Golkar Jatim, Zahrul Azhar As'ad (Gus Hans).

Adapun mekanisme penjaringan kali ini, lanjut dia, tim membuka pendaftaran bakal cawali dan cawawali dan melakukan verifikasi dokumen. Setelah itu dilaporkan ke tim seleksi dari DPP Golkar melalui DPD Golkar Jatim untuk dinilai.

Selain itu, lanjut dia, ada 10 lembaga yang diminta Partai Golkar untuk melakukan survei guna melihat elektabilitas para kandidat. Elektabilitas bakal cawali dan cawawali Surabaya tertinggi akan menjadi pertimbangan partai mengeluarkan rekomendasi.

"Siapa pun calon yang berkeinginan maju harus punya tingkat keterpilihan tinggi. Itu yang menjadi salah satu petunjuk DPP mengeluarkan rekomendasi. Tentunya para kandidat yang elektabilitasnya tinggi tersebut dinyatakan sudah daftar di Partai Golkar," ujarnya.

Meski demikian, kata dia, dalam Pilkada Surabaya 2020 ini, Partai Golkar tidak bisa mengusung calon sendiri sehingga harus berkoalisi dengan partai lain.

"Kalau soal itu ada pembahasan sendiri. Saat ini yang penting Golkar akan membuka pendaftaran bakal cawali dan cawawali Surabaya," katanya.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten